androidvodic.com

Cerita Presiden Jokowi saat Awal Pandemi Melanda Indonesia, 80 Persen Menteri Setuju Lockdown - News

Laporan Wartawan News Rahmat W. Nugraha

News, JAKARTA - Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) bercerita saat awal pandemi melanda Indonesia 80 Persen Menteri Kabinet Indonesia Maju setuju dengan lockdown.

Cerita itu disampaikan Jokowi pada pembukaan Perayaan Imlek Nasional 2023 yang dihelat di lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu, (29/1/2023).

"Saya ingat saat itu waktu awal-awal kita menentukan lockdown atau tidak. Semua negara lock down. Pada rapat kabinet, hampir 80 persen menteri lockdown pak. Cek ke masyarakat mintanya juga sama," kata Jokowi di Lapangan Banteng, Minggu, (29/1/2023).

Baca juga: Di Perayaan Imlek Nasional 2023, Jokowi Kenang saat Indonesia Hadapi Masa Sulit Pandemi Covid-19

Kemudian Presiden Jokowi lanjut bercerita tapi saat itu pemerintah masih jernih dan tenang menghitung kekuatan rakyat di bawah seperti apa.

"Dikalkulasi kekuatannya sampai berapa hari atau berapa minggu? kalau salah memutuskan. Mungkin nggak ada dua minggu kita sudah rusuh saat itu," lanjut Presiden Jokowi.

"Karena kita bisa nengok tabungan rakyat di bank itu berapa, tabungan yang gede berapa, yang tengah berapa, yang kecil berapa, yang lebih kecil lagi semuanya kelihatan," sambungnya.

Baca juga: Hadiri Perayaan Imlek Nasional 2023, Presiden Jokowi: Selamat Tahun Baru Imlek, Gong Xi Fa Cai

Presiden Jokowi melanjutkan ternyata keputusannya tidak salah untuk tidak lockdown.

"Oleh sebab itu saya putuskan tidak lockdown meskipun tekanannya lockdown, dan ternyata tidak salah. Itu kalau diputuskan lockdown bisa minus 17 ekonomi kita, mengembalikannya itu yang sulit," jelasnya.

Perayaan Imlek Nasional 2023 yang dihelat di lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu, (29/1/2023) dihadir langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Adapun dalam sambutannya Presiden Jokowi juga mengucapkan selamat tahun baru Imlek kepada seluruh warga negara Indonesia keturunan Tionghoa dari Sabang sampai Merauke.

"Seluruh warga negara Indonesia keturunan Tionghoa dari Sabang sampai Merauke yang hadir sore hari ini. Pertama saya ucapkan selamat tahun baru Imlek, Gong Xi Fa Cai. Semoga kebahagiaan dan kesejahteraan selalu menyertai kita semua," kata Presiden Jokowi dalam sambutan Perayaan Imlek Nasional 2023 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu, (29/1/2023).

Kemudian Presiden Jokowi dalam sambutannya juga mengungkapkan bahwa bangsa Indonesia harus bersyukur bisa melewati pandemi Covid-19.

Baca juga: Sebaran 199 Kasus Covid-19 28 Januari 2023: DKI Jakarta Sumbang 70 Kasus, 15 Provinsi Nihil Kasus

"Kita patut bersyukur kalau kita ingat tahun 2020, kalau kita ingat Tahun 2021, kalau kita ingat tahun 2022 betapa saat pandemi masuk kita semuanya gagap bingung," sambungnya.

Terkini Lainnya

  • Virus Corona

  • Presiden Jokowi dalam sambutannya juga mengungkapkan bahwa bangsa Indonesia harus bersyukur bisa melewati pandemi Covid-19.

  • Virus Corona

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat