androidvodic.com

Kementerian Kesehatan Malaysia Pastikan Situasi Covid-19 Masih Terkendali - News

Laporan Wartawan News, Mikael Dafit Adi Prasetyo

News, KUALA LUMPUR – Kementerian Kesehatan Malaysia memastikan situasi infeksi virus corona atau Covid-19 di Malaysia saat ini masih terkendali, dan tidak membebani fasilitas kesehatan yang ada.

Menteri Kesehatan Malaysia Dr Zaliha Mustafa membenarkan bahwa terjadi peningkatan kasus Covid-19 dalam beberapa hari terakhir di Malaysia. Ia mengatakan hal itu sejalan dengan tren yang terjadi setiap akhir tahun, yang juga dilaporkan di negara lain.

Baca juga: COVID-19 di Malaysia Melonjak, Warga Panic Buying Borong Masker

“Sebagian besar kasus Covid-19 di Malaysia mengalami gejala ringan dan tidak memerlukan perawatan di rumah sakit,” ujar Dr Zaliha dalam sebuah pernyataan mengenai situasi Covid-19 di negara tersebut.

Dr Zaliha menambahkan, hingga saat ini belum ada varian baru yang terdeteksi di Malaysia.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan Malaysia mengatakan varian yang masih menular di Malaysia adalah varian Omicron, dengan subvarian yang diketahui memiliki tingkat penularan tinggi, tetapi tidak menimbulkan kasus yang parah.

“Kementerian Kesehatan akan selalu siap menghadapi segala situasi yang mungkin terjadi,” ujar Dr Zaliha.

Ia juga menyarankan masyarakat untuk melakukan tindakan perawatan diri, termasuk menjaga kebersihan diri dan memakai masker bagi mereka yang memiliki gejala.

“Pergilah ke dokter jika gejalanya memburuk, dan dapatkan pengobatan antivirus Paxlovid di klinik kesehatan terdekat bagi individu yang positif Covid-19 dan berisiko tinggi,” ungkap Dr Zaliha.

Baca juga: Mantan Direktur WHO: Covid-19 Secara Global Turun

“Masyarakat juga bisa mendapatkan vaksin Covid-19 dosis utama di klinik kesehatan untuk mengurangi risiko penularan,” pungkasnya.

Terkini Lainnya

  • Virus Corona

  • situasi infeksi virus corona atau Covid-19 di Malaysia saat ini masih terkendali, dan tidak membebani fasilitas kesehatan yang ada

  • Covid-19 di Singapura Alami Peningkatan, Kemenkes: Belum Ada Urgensi Pembatasan Perjalanan

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat