androidvodic.com

Willem Wandik Ajak Masyarakat Doa Bersama atas Bencana Letusan Semeru - News

News - Anggota DPR RI Willem Wandik mengajak masyarakat Indonesia untuk berdoa bersama atas terjadi bencana letusan Gunung Semeru. Ia pun juga mengajak seluruh elemen bangsa untuk bersinergi membantu korban bencana letusan Semeru dan umumnya di Indonesia jika terjadi bencana.

“Dari tanah Papua, saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk berdoa bersama terhadap korban letusan gunung Semeru. Semoga tidak banyak korban jiwa atas musibah tersebut,” jelas Willem dalam keterangan tertulis, Minggu (5/12/2021).

Berdasarkan laporan kebencanaan geologi terkait Gunung Semeru erupsi dari Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM), Sabtu (4/12/2021) lalu, sebelum terjadinya erupsi tersebut sudah dinyatakan bahwa Gunung Semeru memang termasuk gunung api dengan level Waspada.

Dari hasil analisis visual sebelumnya, asap kawah tidak teramati saat Gunung Semeru meletus. Serta, terjadi guguran lava dengan jarak luncur 500-800 meter, dengan pusat guguran 500 meter di bawah kawah.

Sedangkan, dari analisis kegempaannya diketahui bahwa telah terjadi gempa vulkanik yang berkaitan dengan letusan, guguran dan hembusan asap kawah sebanyak 54 kali gempa letusan atau erupsi, 4 kali gempa guguran, dan 18 kali gempa hembusan.

Politisi asal Papua ini mengatakan, Partai Demokrat sudah menerjunkan bantuan ke lokasi bencana sebagai bentuk kepedulian partai terhadap rakyat tertimpa musibah.

“Ketum AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) sudah mengeluarkan instruksi untuk seluruh kader Demokrat untuk membantu korban letusan gunung Semeru. Apa yang dilakukan ketum kami sebagai bentuk respon cepat kepedulian Demokrat untuk korban bencana,” ungkap politisi yang merupakan anggota Komisi V DPR RI.(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat