androidvodic.com

Bakso Racikan Restoran di Dekat Jabal Uhud Madinah Obati Rindu Jemaah Haji Indonesia - News

Laporan Wartawan News Network, Galih L

News, MADINAH - Jemaah haji Indonesia yang merindukan citra masakan Indonesia akan terobati rasa kangennya saat mencoba bakso yang menjadi makanan khas Indonesia, di Madinah, Arab Saudi.

Di dekat jabal uhud Madinah, ada Madena Asian Restoran yang menyiapkan bakso ini.

Baca juga: Cerita Mba Sri dan Neng Tuminah Jualan Bakso di Kota Makkah

Ini bisa menjadi tempat alternatif bagi jemaah haji yang sudah mulai rindu masakan Indonesia saat menjalankan ibadah haji.

Bakso yang dijual di Madinah ini rasanya sesuai dengan lidah orang - orang Indonesia sekali.

Tidak hanya bakso, di restoran ini dijual juga masakan Indonesia lainnya, diantaranya Soto Betawi, Soto Ayam, Lontong Sayur, Nasi Goreng, Nasi Campur, Gado gado, Ketoprak, Mie Goreng, pisang goreng dan bakwan.

Muhammad Umar, Kepala Chef Madena Asian Restoran mengatakan, per harinya minimal ada 300 sampai 400 pembeli dan menghabiskan sekitar satu kuintal beras per hari. apalagi saat musim haji dan umroh ini.

Baca juga: Layanan Katering di Makkah Stop Sementara pada 7, 14 dan 15 Zulhijjah, Jemaah Haji Disarankan Beli

“Kami akan mempertahankan kualitas masakan yang dijual dan mengedepankan cita rasa dari bumbu yang didatangkan langsung dari Indonesia termasuk cabai setan segar untuk menghasilkan bakso yang sesuai,” urainya.

Menurutnya, bakso ini dimasakan dengan rempah dari Indonesia. Ia menyebut, lebih baik tidak memasak, daripada dipaksakan tanpa bumbu dari Indonesia karena hasilnya tidak akan bagus.

Bakso di Madena Asian Restoran, restoran di dekat jabal uhud Madinah ini jadi obat rindu jemaah haji Indonesia.
Bakso di Madena Asian Restoran, restoran di dekat jabal uhud Madinah ini jadi obat rindu jemaah haji Indonesia. (Surya/Galih L)

Dia juga menceritakan belum lama ini dirinya mengikuti ajang Festival Food International di Madinah dan masakan Indonesia berupa bakso dan rendang yang berhasil menjadi juara kedua mengalahkan masakan dari 80 negara lainnya.

"Juara pertama dari India dengan Nasi Biryaninya dan juara kedua masakan dari Indonesia yakni Bakso dan Rendang. Allhamdulillah, masakan kami bisa menjadi obat rindu WNI di Arab Saudi," kata chef asal Cilacap, Jawa Tengah ini.

Baca juga: Jemaah Haji yang Sakit di Madinah Mulai Dievakuasi Bertahap ke Makkah

Chef Umar mengaku sudah berkecimpung dengan dunia masak sejak kelas dua SD karena membantu ibunya yang berjualan di kantin sekolah, bekerja di kaki lima, kafe, sampai dengan menjadi chef di hotel dan restoran.

Bakso di Madena Asian Restoran, restoran di dekat jabal uhud Madinah ini jadi obat rindu jemaah haji Indonesia.
Bakso di Madena Asian Restoran, restoran di dekat jabal uhud Madinah ini jadi obat rindu jemaah haji Indonesia. (Surya/Galih L)

"Mimpinya bisa membuat masakan yang bisa dirasakan semua kalangan. Saya ingin buat masakan versi kelas menengah ke atas, tetapi bisa dirasakan semua kalangan. Bahkan jika tidak bisa bayar, bisa gratis,” paparnya.

Tidak hanya bumbu yang didatangkan dari Indonesia, di Madena Asian Restaurant total memiliki empat chef yang seluruhnya dari Indonesia, begitu juga para pramuniaganya, dari total 12 pramuniaga, semuanya asli Indonesia.

Keberhasilan masakan Indonesia diterima di Arab Saudi, menjadikan Madena Asian Restorant juga akan membuka cabang restoran di Pintu 338 Masjid Nabawi, di Riyadh, dan Mekkah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat