androidvodic.com

Dua Mahasiswi Sekolah IPB Ikuti Internship di Perguruan Tinggi Vokasi Pertanian Pertama di Jepang - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Jepang

News, TOKYO - Dua mahasiswi Sekolah Vokasi IPB University, Raden Roro Fatimah Azzahra dan Nazwa Magfira berkesempatan untuk mengikuti SPUA Internship 2024 (01/07/2024 - 02/08/2024) di Shizuoka Professional University of Agriculture.

"Pertama kali program internasional ini akhirnya berhasil dilakukan berkat kerjasama kedua universitas di Indonesia dan Jepang yang sangat baik, untuk waktu cukup lama satu bulan," ungkap Prima Gandhi Wakil Ketua PPI Jepang khusus kepada News Rabu (3/7/2024).

Kedua mahasiswi ini terpilih mengikuti SPUA Internship 2024 setelah mengikuti proses seleksi yang ketat.

Tercatat, lebih dari 20 mahasiswa Sekolah Vokasi IPB dari 17 program studi mendaftar untuk mengikuti program internasional ini.

Kedua mahasiswi yang terpilih mengikuti program internship ini berasal dari program studi sarjana terapan (D4) Manajemen Agribisnis dan program studi Komunikasi Digital dan Media.

Baca juga: Pameran Interior Lifestyle Tokyo 2024: Duta Ekspor PPI Dunia Usung Furnitur Ramah Lingkungan

Rangkaian kegiatan mahasiswi saat internship terdiri dari orientasi, praktik menanam, merawat, merangkai bunga, praktik menanam melon secara presisi, praktik memanen teh hijau dan upacara minum teh jepang, olahraga, pengerjaan proyek magang di agrowisata kiwi di Kakegawa, dan final presentation.

Pada masa orientasi, dua mahasiswi dijelaskan mengenai profil Shizuoka Professional University of Agriculture. Universitas ini merupakan Universitas Profesional/Vokasional pertama di Jepang untuk pertanian dan kehutanan. Shizuoka Professional University of Agriculture merupakan universitas milik prefektur Shizuoka yang bertujuan untuk menghasilkan para profesional untuk bekerja di industri pertanian dan kehutanan melalui praktik langsung di kampus.

“Saya sangat senang sekali dengan internship perdana yang dilakukan dua mahasiswi Sekolah Vokasi IPB University tahun ini. Semoga ke depan jumlah mahasiswa Sekolah Vokasi IPB Univeristy yang melakukan internship akan meningkat!’ ucap Prof Shigehiko Suzuki Presiden Shizuoka Professional University of Agriculture saat menerima kedua mahasiswi di ruangannya.

Dua orang dosen Sekolah Vokasi IPB University yang sedang berkuliah doktoral di Tokyo, Prima Gandhi dan Septian Fauzi Dwi Saputra berkesempatan mengantar kedua mahasiswi ke lokasi internship sekaligus berkeliling mengunjungi kampus Shizuoka Professional University of Agriculture di Iwata City. “ SPUA Internship 2024 merupakan contoh peran sekolah vokasi IPB University menyukseskan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) yang dicanangkan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek 2024,” ucap Gandhi saat dihubungi di Iwata City, Shizuoka.

Dekan Sekolah Vokasi IPB University, Dr. Aceng Hidayat MT, berharap kedepan SPUA internship ini dapat berkembang menjadi program join degree dimana nantinya lulusan sekolah Vokasi IPB University dapat berkerja pada perusahaan-perusahaan pertanian mitra Shizuoka Professional University of Agriculture di Jepang.

Peluang ini sangat terbuka lebar mengingat Jepang saat ini mengalami defisit tenaga kerja professional di sektor pertanian akibat menurunya angka kelahiran penduduk.

Selain itu program ini dapat dijadikan contoh bentuk implementasi kerjasama sister city antara Prefektur Shizuoka dengan Propinsi Jawa Barat. Mengingat IPB University khususnya Sekolah Vokasi yang salah satu kampusnya berada di Sukabumi merupakaan inisiasi dari Provinsi Jawa Barat.

Tahun lalu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Prefektur Shizuoka, berkolaborasi menggelar bursa kerja edisi ke-5 pada 2-3 Desember 2023 di Bandung, untuk menjaring tenaga kerja ke Prefektur Shizuoka. Dari 2021 sampai awal 2023, telah terserap sebanyak 72 pendudukan Jawa Barat bekerja di berbagai industri di Prefektur Shizuoka.

Sementara itu bagi para UKM Handicraft dan pecinta Jepang yang mau berpameran di Tokyo dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: info@sekolah.biz Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsappnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat