androidvodic.com

Tips Dokter Agar Calon Jemaah Haji Bugar di Tanah Suci, Rutin Senam Haji Minimal 3 Kali Seminggu - News

News, JAKARTA - Calon jemaah haji Indonesia 2024 yang sebentar lagi akan berangkat ke tanah suci diimbau melatih fisik agar tetap bugar selama rangkaian ibadah haji di tanah suci.

Salah satu ikhtiar kesehatan yang bisa dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh Kementerian Agama (Kemenag) secara resmi meluncurkan gerakan Senam Haji Indonesia, Minggu (28/4/2024) pagi.

Baca juga: Ikhtiar Jaga Kebugaran Tubuh dan Hindari Cedera Calon Jemaah, Kemenag Luncurkan Senam Haji

Gerakan Senam Haji Indonesia diperkenalkan di hadapan ratusan calon jemaah haji di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur dan juga diikuti secara virtual jemaah haji dari berbagia daerah ini ini diharapkan bisa diterapkan 241 ribu calon jemaah haji Indonesia yang akan berangkat mulai 12 Mei 2024 ini.

Dokter Irma Ruslina Devi SKKFR dari tim Perhimpunan Dokter Spesialias Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi (Perdosri) dan Perhimpunan Kedokteran Haji Indonesia (Perdoki) memberikan tips agar senam haji bisa maksimal memberikan efek manfaat pada tubuh.

"Senam ini sebaiknya atau disarankan dilakukan selama 30 meniti," kata Dokter Irma Ruslina Devi SKKFR di hadapan ratusan peserta Launching Senam Haji Indonesia di asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur.

Menurut dokter Irma, jika durasi senam haji Indonesia ini selama 10 hingga 11 menit, maka bisa dilakukan dalam 3 kali sehari.

Kementerian Agama (Kemenag) secara resmi meluncurkan gerakan Senam Haji Indonesia, Minggu (28/4/2024) pagi.
Kementerian Agama (Kemenag) secara resmi meluncurkan gerakan Senam Haji Indonesia, Minggu (28/4/2024) pagi. (tangkap layar Youtube Kemenag RI)

"Lakukan pagi siang dan sore jika memungkinkan," kata dokter Irma.

Dokter Irma juga menyarankan senam haji Indosnia ini dikerjakan berkelompok, minimal 2 orang.

Mengapa demikian?

"Apabila bapak dan ibu akan melakukan senam sebaiknya berkelompok (minimal 2 orang)menjaga kemungkinan jika ada yang terjatuh," sarannya.

Rambu-rambu sebelum Senam Haji, Hitung Denyut Nadi hingga Cukup Minum

Saat peragaan senam haji Indonesia juga dijelaskan rambu-rambu keamanan senam ini.

Karena meskipun gerakannya lambat atau terkategori senam low impact tanpa gerakan lompatan, namun perlu juga dijaga hal-hal yang tak diinginkan terutama pada jemaah haji lansia.

Apa saja yang harus dilakukan?
Berikut rangkuman News rambu sebelum melakukan Senam Haji Indonesia.

Hitung Denyut Nadi

Kementerian Agama (Kemenag) secara resmi meluncurkan gerakan Senam Haji Indonesia, Minggu (28/4/2024) pagi. Ratusan calon jemaah terlihat mengikuti launching ini di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur.
Kementerian Agama (Kemenag) secara resmi meluncurkan gerakan Senam Haji Indonesia, Minggu (28/4/2024) pagi. Ratusan calon jemaah terlihat mengikuti launching ini di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur. (tangkap layar Youtube Kemenag RI)

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menghitung denyut nadi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat