androidvodic.com

Begini Kondisi Hotel Jemaah Haji Indonesia di Madinah  - News

Laporan wartawan Tribun Network, M Taufik dari Madinah

News, MADINAH - Ribuan jemaah haji Indonesia bakal tiba di Madinah, Arab Saudi, Minggu (12/5/2024).

Setelah mendarat di bandara Madinah, mereka bakal langsung diangkut menuju hotel-hotel di sekitar Masjid Nabawi. 

Kloter pertama ini ada sekira 7.200 orang jemaah yang terbagi dalam dua kloter. Mereka bakal menempati Hotel Abraj-Tabah dan hotel Safwat Almadinah. Keduanya berada di Markaziyah Syamaliah. 

Hotel Safwat Almadinah berada di sektor 1, sementara Abraj-Tabah berada di sektor 2. Jarak dua hotel itu dekat dengan pelataran masjid Nabawi. Bahkan dari resto hotel Safwat Almadinah, terlihat langsung pintu gerbang Masjid Nabawi. 

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi memastikan seluruh hotel yang berada di Madinah sudah siap digunakan jelang kedatangan jamaah gelombang pertama pada 12 Mei 2024

"Semua hotel sudah siap. Termasuk kamarnya dan beberapa fasilitas lainnya,” kata Suratman, Kepala Sektor 1 Madinah, di lokasi, Sabtu (11/5/2024).

Baca juga: Sosok Jemaah Haji Termuda di Semarang dan Ponorogo, Halima Nabung Sejak TK & Hanif Daftar saat SD

Khusus untuk Hotel Abraj-Tabah, pemondokan ini akan menjadi hotel pertama yang ditempati jamaah kedatangan gelombang pertama. Abraj-Tabah memiliki kapasitas 388 kamar dengan total 1.512 tempat tidur. 

Rencananya, tiga Kloter dari tiga embarkasi yakni Jakarta-Pondok Gede (JKG), Jakarta-Bekasi (JKS), dan Lombok (LOP) akan tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah sekitar pukul 07.00 WAS dengan total calon haji sebanyak 930 orang. 

Mengenai fasilitas, tiap-tiap kamar memiliki perbedaan jumlah tempat tidur, mulai dua hingga lima tempat tidur. Khusus jamaah lansia mereka ditempatkan di lantai paling bawah. 

Di tiap lorong juga disediakan air minum isi ulang, sehingga jamaah tidak usah khawatir kekurangan air. Adapun jarak hotel ini ke Masjid Nabawi hanya sekitar 150 meter saja. 

"Kami juga menyediakan lima kursi roda dari Daker Madinah dan dua dari hotel, sehingga totalnya tujuh kursi roda," kata Penanggung Jawab Lansia Sektor 2 Madinah Luthfi anwar Mahbubi di Hotel Abraj-Tabah. 

Baca juga: Pemerintah Indonesia Kutuk Aksi Ekstremis Israel Bakar Markas Besar UNRWA di Yerusalem

Sementara untuk Hotel Safwar Almadinah letaknya lebih dekat lagi dengan Masjid Nabawi hanya sekitar 100 meter saja. Bahkan pintu masuk hotel langsung mengarah ke masjid bersejarah bagi umat Islam tersebut. 

Akan ada tiga Kloter yang menempati hotel ini yakni Embarkasi Batam (BTH), Makassar (UPG), dan Solo (SOC). Kedatangan akan dimulai sejak pukul 13.50 WAS dengan total 1.022 calon haji.

Untuk fasilitas kamar tidak jauh berbeda dengan Hotel Abraj-Tabah. Tiap-tiap hotel juga terdapat satu dokter, dua perawat, dan satu petugas promosi kesehatan untuk memantau kesehatan jamaah. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat