androidvodic.com

Kemenag Imbau Jemaah Haji Gelombang Kedua Langsung Gunakan Pakaian Ihram Sejak di Embarkasi - News

Laporan Wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Fase keberangkatan jemaah haji Indonesia gelombang kedua dari Tanah Air menuju Arab Saudi segera dimulai.

Kementerian Agama mengimbau agar jemaah haji yang berangkat pada gelombang kedua sudah mengenakan kain ihram sejak dari embarkasi di Tanah Air.

Baca juga: 4 Tips Anti Jet Lag bagi Jemaah Haji Lansia, Sehat dan Bugar Tiba di Tanah Suci

Pemberangkatan jemaah haji gelombang kedua akan dimulai pada 24 Mei hinga 10 Juni 2024.

Jemaah akan terbang dari Embarkasi di Tanah Air dan mendarat di King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah.

"Jemaah haji gelombang kedua yang akan tiba di Bandara Jeddah, kami imbau agar sudah menggunakan pakaian ihram sejak dari embarkasi," kata Kadaker Bandara PPIH Arab Saudi, Abdillah, melalui keterangan tertulis, Senin (20/5/2024).

"Jadi, sejak di embarkasi jemaah sudah menggunakan kain ihram. Sehingga, nanti pada saat tiba di bandara Jeddah tinggal niat umrah saja, langsung diberangkatkan ke Makkah," tambahnya.

Abdillah mengungkapkan prosedur kedatangan jemaah haji yang sudah ditetapkan Kementerian Haji, adalah antara 30 sampai 60 menit untuk keluar dari bandara.

Abdillah mengimbau jemaah haji mengenakan kain ihram sejak dari embarkasi.

Baca juga: Kemenag: Jemaah Umrah Harus Tinggalkan Arab Saudi Sebelum 29 Zulkaidah Atau 6 Juni 2024

Sehingga dapat melaksanakan niat, baik di pesawat saat berada di Yalamlam ataupun nanti pada saat berada di Bandara Jeddah.

Sampai hari ini jemaah yang sudah mendarat di Madinah sebanyak 139 kelompok terbang (kloter) atau kurang lebih 54.000 jemaah.

Mereka akan mulai didorong ke Makkah pada 20 Mei 2024 hari ini.

"Lama tinggal jemaah haji di Madinah kurang lebih sembilan hari dan insya Allah besok sudah mulai didorong ke Makkah," jelas Abdillah.

Jemaah haji yang didorong ke Makkah nantinya akan mengenakan kain ihram sejak dari hotel di Madinah.

Mereka akan menuju Bir Ali untuk melakukan niat ihram lalu diberangkatkan ke Makkah untuk menjalankan ibadah umrah wajib.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat