androidvodic.com

4 Tips Anti Jet Lag bagi Jemaah Haji Lansia, Sehat dan Bugar Tiba di Tanah Suci - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu

News, JAKARTA -- Lebih dari 10 ribu jemaah haji asal Indonesia telah berangkat ke Tanah Suci, sejak keberangkatan gelombang pertama pada 12 Mei 2024.

Perjalanan yang cukup panjang antara Indonesia dan Arab Saudi membuat banyak jemaah haji mengalami jet lag atau mabuk pascaterbang, terutama bagi mereka yang berusia usia lanjut atau lansia.

Ada efek kesehatan yang sering dikeluhkan jemaah ketika berada di penerbangan nyaris 10 jam ini.

Mulai dari lemas, letih maupun mual-mual, dimana pemulihannya memerlukan waktu istirahat selama 1-2 hari sementara, sejumlah aktivitas dan ibadah wajib sudah menanti.

Baca juga: Herry Asal Makassar Sudah 2 Kali Ibadah Haji Gunakan Layanan Maktour Travel, Siapkan Fisik & Pasrah

Berikut tips anti jetlag yang disampaikan oleh Dokter dari tim Penanganan Krisis dan Pertolongan Pertama pada Jemaah Haji (PKP3JH) dr Meldy Muzada Elfa SpPd KGer FINASIM:

"Kenapa bisa terjadi jet lag? Karena di perjalanan itu panjang 9-10 jam dan itu ada perbedaan waktu antara Indonesia dan Arab Saudi sekitar 4 jam untuk WIB dan 5 jam untuk WITA,"ungkap dia saat ditemui wartawan News Anita K. Wardhani yang meliput langsung prosesi haji jemaah haji Indonesia melalui tim media center haji (MCH) di sela keberangkatan tugas PPIH Arab Saudi daker mekkah, Minggu (19/5/2024).

1. Aturan jam dengan tujuan

Siapkan dan segera atur ulang semua jam dan gadget dengan menyesuaikan waktu di Arab Saudi.

"Misalkan sekarang pukul 16.00 jam tangannya diseuaikan pukul 12.00," kata dia.

2. Istirahat cukup di pesawat.

Ketika di pesawat istirahatlah dengan cukup. Karena setibanya di Tanah sudah terjadwal sejumlah aktivitas ibadah yang harus dijalankan.

3. Konsumsi makanan bergizi

Selama di pesawat jangan lupa konsumsi makan-makanan yang bergizi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat