androidvodic.com

Komnas Haji dan Umrah Akui Biaya Haji Terus Mengalami Peningkatan Tiap Tahun - News

Laporan Wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Ketua Komnas Haji dan Umrah, Mustolih Siradj, mengatakan biaya penyelenggaraan ibadah haji terus mengalami peningkatan tiap tahunnya.

Menurut Mustolih selama ini ada anggapan keliru dari masyarakat bahwa biaya haji di Indonesia sangat murah.

Baca juga: Jemaah Haji Indonesia Bakal Tempati 1.169 Tenda Saat di Arafah

Anggapan keliru tersebut, kata Mustolih, selama ini juga dikampanyekan oleh Pemerintah.

"Memang biaya haji akan meningkat terus, tapi ada permasalahan historis yang harus diluruskan di tengah masyarakat. Dan kemudian pemegang otoritas selalu mengkampanyekan bahwa biaya haji Indonesia termurah di ASEAN. Akibatnya campaign ini diserap publik selama bertahun-tahun tanpa adanya koreksi," ujar Mustolih dalam webinar FMB9, Senin (10/6/2024).

Padahal, menurut Mustolih, selama ini sistem pembiayaan haji dibantu oleh dana jemaah yang belum mendapatkan giliran berangkat.

"Padahal dalam penyelenggaraan ibadah haji ternyata apa yang dibayar jemaah haji, ternyata itu tidak semua mereka cover. Tapi ada yang disebut Pak Acep, ya bahasanya subsidi atau dibantu jemaah yang nunggu," kata Mustolih.

Menurutnya, tidak ada jemaah berangkat dibiayai oleh jemaah tunggu, itu adalah tafsir keliru.

Yang dimaksudkan adalah porsi nilai manfaat yang dihasilkan sebagian besar digunakan untuk penyelenggaraan ibadah haji tahun berjalan, seharusnya porsi idealnya turut mempertimbangkan sustainabilitas bagi jemaah tunggu.

Baca juga: Soroti Fasilitas Pemondokan Jemaah Haji di Madinah, Marwan Dasopang: Masih Butuh Perbaikan

Mustolih mengingatkan pada tahun 2026, ada dua musim haji yang pelaksanaannya terjadi pada satu tahun masehi yang sama.

Hal ini terjadi akibat pergeseran kalender hijriah yang semakin maju karena adanya perbedaan sekitar 10 hari setiap tahunnya.

"Ini akan menguras resources BPKH. Oleh karena itu saya kira persoalan rasionalitas dana haji ini meski diperhatikan betul," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat