androidvodic.com

Sapa Jemaah Indonesia Saat Umrah, Menteri Agama Ingatkan Jaga Fisik Jelang Wukuf di Arafah - News

News, MAKKAH - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyapa jemaah haji Indonesia di Masjidil Haram, Senin (10/6/2024) malam.

Menteri Agama menyapa jemaah Indonesia di sela ibadah umrah wajib yang dilakukannya.

Baca juga: BPKH: Biaya Haji Melonjak Tajam Sejak Covid-19

Kepada jemaah haji Indonesia, dnegan ramah Menteri yang akrab disapa Gus Men ini menanyakan kabar jemaah dan seputar layanan yang diberikan pemerintah kepada jemaaah selama musim haji 1445H/2024M ini.

"Gimana baik kabarnya? Makanannya selama di sini," tanya Gus Men kepada 2 orang jemaah haji asal Jakarta.

Sontak sang jemaah mengatakan mereka puas dengan pelayanan konsumsi selama di Tanah Suci.
"Semakin gemuk saaya di sini pak Menteri, makanannya enak," katanya sambil tersenyum.

Mendapat respon positif dari jemaah, Gus Men berpesan agar jemaah benar-benar menjaga fisik dan stamina jelang puncak haji yaitu Wukuf di Arafah.

Baca juga: Menteri Agama Sebut Skema Murur Pertimbangkan Hukum Fikih dan Keamanan Jemaah Haji

"Yang penting sehat ya bu sampai puncak haji," kata Gus Men diamini jemaah.

Dalam wawancara dengan tim Media Center Haji (MCH) 2024, usai umrah Gus Men menjelaskan pertemuanya dengan jemaah haji Indonesia.

Umat ????Muslim berkumpul di sekitar Ka'bah, tempat suci umat Islam, di Masjidil Haram di kota suci Mekah Arab Saudi pada 4 Juni 2024 saat jamaah tiba menjelang ibadah haji tahunan. (Photo by Abdel Ghani BASHIR / AFP)
Umat ????Muslim berkumpul di sekitar Ka'bah, tempat suci umat Islam, di Masjidil Haram di kota suci Mekah Arab Saudi pada 4 Juni 2024 saat jamaah tiba menjelang ibadah haji tahunan. (Photo by Abdel Ghani BASHIR / AFP) (AFP/ABDEL GHANI BASHIR)

"Semalam saya datang, lalu mengikuti Mukmatar di Jeddah dan malam ini melakukan umrah wajib bertemu banyak jemaah, saya tanya pelayanan hotelnya bagaimana, makannya dan semua menyatakan puas. Mudah mudahan sampai akhir jemaah meraskana kepuasan layanan terbaik pemerintah," jelas Yaqut.

Gus Men juga memberikan pesan kepada semua jemaah agar menjaga fisik dan stamina untuk persiapan puncak Haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina yang akan dijalani jemaah haji pekan ini.

Baca juga: Hadiri Muktamar Perhajian di Arab Saudi, Menag: Prinsipnya Ibadah Haji Itu Mudah

Apalagi menurut Yaqut, suhu di Arab Saudi yang semakin panas.

"Saya harap jemaah tetap menjaga staminanya, fisiknya untuk menjalani puncak haji beberapa hari lagi. Suhu makin panas," pesan Gus Men,

Yaqut juga mendoakan agar semua jemaah haji Indonesia sehat dan selamat sampai kembali ke Tanah Air.

"Semoga diberi kselematan kelancaran jalankan ritual haji, pulang selamat dengan predikat haji mambrur," demikian doa Menteri Agama.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat