androidvodic.com

Melihat Keunggulan Tenda Model Baru di Maktab 39 untuk 30 Ribu Jemaah Haji di Arafah - News

News, MAKKAH - Sejumlah fasilitas sudah siap untuk dipakai jemaah haji Indonesia saat wukuf di Arafah. Tenda-tenda sudah berdiri, lengkap dengan pendingin ruangan, kasur dan bantalnya.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas bersama sejumlah pejabat dan amirul haj juga sudah mengecek langsung, memastikan seluruh fasilitas maupun skema layanan bagi jamaah haji (CJH) Indonesia di sana.

Baca juga: Smart Card Jadi Kunci Masuk Arafah Saat Puncak Haji, Bagaimana Jika Belum Punya Kartu?

Tak hanya siap, kualitas sejumlah fasilitas yang diberikan kepada jamaah juga mengalami perbaikan dibanding musim haji sebelumnya. Mulai tenda, toilet, hingga kebutuhan lainnya.

"Segala upaya sudah kita lakukan. Kita juga sudah cek semua fasilitas. Banyak perubahan yang dilakukan pihak mashariq (penyedia layanan haji jemaah Indonesia yang ditetapkan Arab Saudi)," kata Menag Yaqut.

Dari pengecekan yang sudah dilakukan di sejumlah maktab jamaah Indonesia di Arafah, disebutnya secara umum, fasilitas yang disiapkan sudah baik.

Tahun ini, Kemenag menyiapkan tenda-tenda dengan spek yang lebih bagus. Salah satunya berada di maktab 39.

Kualitas tenda-tenda di maktab ini memang lebih representatif.

Atap dan dindingnya memakai bahan khusus yang memiliki daya serap panas lebih baik.

Fasilitas pelengkap juga sudah disediakan. Mulai dari colokan listrik hingga charger magnetic untuk pengisian baterai ponsel.

Baca juga: SUB 106 Tutup Fase Kedatangan Jemaah Haji Indonesia di Tanah Suci 

Pada musim haji tahun ini, tenda dengan spek tersebut masih belum tersedia di semua maktab. Ada 30 ribu jamaah yang bakal menempatinya.

"Sebenarnya tahun ini kami ingin semua tenda bisa seperti ini. Tapi waktunya tidak cukup. Kami upayakan, semoga tahun depan semua tenda jamaah kita sudah seperti ini," kata Gus Men, panggilan Menag Yaqut.

Meski demikian, dia memastikan semua tenda jamaah Indonesia sudah layak.

Menag Yaqut saat melihat tenda jemaah di Arafah
Menag Yaqut saat melihat tenda jemaah di Arafah.

Bahkan, dibanding musim haji sebelumnya, tenda di Arafah tahun ini memiliki sejumlah keunggulan.

Di antaranya lantai tenda-tenda jamaah menggunakan cone block (paving ringan). Tidak lagi beralaskan tanah. Sehingga lebih rata dan bersih.

Fasilitas lain yang menjadi perhatian adalah ketersediaan MCK. Selain jumlahnya lebih banyak dibanding tahun lalu, space-nya juga lebih luas. (News/M Taufik/MCH 2024)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat