androidvodic.com

Jemaah Haji Gelombang Pertama Dipulangkan dari Bandara Jeddah dan Madinah  - News

TRIBUN, JEDDAH - Pemulangan jemaah haji Indonesia ke tanah air di hari pertama dilakukan di Bandara Jeddah dan Bandara Madinah.

Pelaksana Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 2024 Daerah Kerja (Daker) Bandara telah dibagi dua kelompok, Jeddah dan Madinah, untuk mengawal, membantu, dan mengurus kepulangan jemaah haji Indonesia ke Tanah Air.

Sebanyak 1.563 jemaah haji Indonesia diterbangkan ke Indonesia mulai pukul 03.15 WAS dari Jeddah, Sabtu (22/6/2024) dini hari.

Jemaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) SUB 01 mengawali pemulangan gelombang pertama jemaah Indonesia ke tanah air.

Pada pemulangan gelombang pertama tahun ini tidak seluruhnya melalui bandara King Abdul Azis, Jeddah.

Namun, ada 49 kloter yang dipulangkan melalui bandara Amir Muhammad bin Abdul Azis Madinah untuk gelombang pertama.

Ratusan jamaah Kloter SOC 02  menunggu di dekat pintu keluar Hotel 412 di wilayah Raudhah, Makkah. Mereka bersiap untuk naik ke bus yang telah disiapkan petugas. 

Kloter 02 SOC asal Temanggung dan Magelang, Jawa Tengah, tersebut menjadi jamaah pertama yang akan pulang ke Tanah Air melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA), Madinah, Sabtu (22/6/2024).

Baca juga: Dam 10 Ribu Jemaah Haji Disalurkan Dalam Bentuk Daging Kambing Berbumbu

Kloter 1 UPG Makassar juga dijawalkan pulang ke Tanah Air pada 22 Juni 2024 melalui Bandara AMAA.

Jemaah kloter SUB 01 asal Bojonegoro tiba di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah pada pukul 21.15 WAS 

Sebelum jemaah turun dari bus, masing - masing ketua rombongan membagikan paspor jemaah di dalam bus. Ketika paspor diterima, jemaah turun satu persatu dari bus dan diarahkan menuju paviliun B bandara untuk istirahat sejenak sembari menunggu proses check in. 

Sekretaris Daker Bandara, Asep Rohadian mengatakan total ada 4 kloter yang mengawali pemulangan jemaah ke tanah air dari bandara Jeddah.

Secara keseluruhan, kondisi semua jemaah sehat meski sejumlah lansia harus didorong dengan kursi roda. 

"Kami dari PPIH Arab Saudi sudah mengeluarkan surat edaran kepada jemaah untuk tidak membawa air zam-zam baik di koper bagasi maupun kabin," kata Asep. 

Baca juga: PPIH: 90 Ribu Galon Air Zam-zam Tambahan untuk Jemaah Sudah Dikirim ke Indonesia

Sementara, pada Selasa (22/6), total ada 21 kloter yang dipulangkan ke tanah air. Masing - masing 15 melalui bandara King Abdul Azis Jeddah, dan 6 kloter melalui bandara Amir Muhammad bin Abdul Azis Madinah

Sedangkan untuk fase pemulangan pertama melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Azis dimulai pada pukul 07.30 WAS. Kloter SOC 01 dengan maskapai pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA- 6201 mengangkut total 360 orang, masing - masing 355 jemaah dan 5 petugas.(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat