androidvodic.com

Momen Haru 3 Jemaah Haji Demensia Lihat Kakbah, Banjir Air Mata dan Senyum Bahagia di Masjidil Haram - News

Laporan Wartawan News, Anita K Wardhani dari Arab Saudi

News, MAKKAH - Momen haru terekam saat Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi mengantar 3 jemaah haji Indonesia yang belum pernah ke Masjidil Haram, untuk melihat dan berdoa di depan Kakbah.

Tiga jemaah ini sejak awal kedatangan di Makkah dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Makkah karena mengalami demensia sehingga mereka belum sempat ke Masjidil Haram.

Baca juga: Sepenggal Kisah Tak Terlupakan Petugas Haji, Jadi Pasukan Palugada hingga Dihadiahi Doa Jemaah

Saat ditawarkan keluar dari KKHI untuk menuju Masjidil Haram oleh tim Penanganan Krisis dan Pertolongan Pertama Pada Jamaah Haji (PKP3JH), 3 jemaah ini terlihat bahagia.

“Nenek, nanti ganti baju yang cantik, kita ke mau lihat Ka’bah, berdoa di depan Kakbah," kata Susilowati, salah seorang tim PKKP3JH kepada 3 jemaah demensia ini.

Petugas yang akrab disapa Susi ini terus memberikan senyuman ramahnya dan memperjelas ajakan dengan mempraktikan posisi tangan berdoa.

Rupanya komunikasi dengan cara ini cukup ampuh. Kedua nenek asal Aceh tersebut menganggukan kepala.

Baca juga: 20 Jemaah Haji Furoda dan Visa Ziarah Jalani Perawatan di Klinik Kesehatan Haji Indonesia

Bahkan nenek Isyah (nama sengaja disamarkan demi menjaga privasi jemaah) meminta temannya yang juga dirawat diajak.

Namun petugas memberikan pengertian, jika teman sekamarnya sudah ke Masjidil Haram. Sang nenek pun mengerti.

Kegembiraan dirasakan kakek Uci (nama juga disamarkan). Jemaah asal Bogor ini tak bisa menutupi kebahagiaan saat petugas menyampaikan dalam bahasa Sunda akan diajak ke Masjidil Haram melihat Kakbah.

"Beliau langsung tersenyum mendengar akan mengunjungi Masjidil Haram untuk melihat Ka’bah dan berdoa di depan Ka’bah," cerita Susi.

petugas lansia ke masjdil haram
Momen haru terekam saat Petugas Haji mengantar 3 jemaah haji Indonesia yang belum pernah ke Masjidil Haram dan melihat Kakbah.

Selanjutnya ketiga jemaah haji disiapkan ganti bajunya, kebutuhan obat dan makanan minuman selama perjalanan oleh Tim KKHI dan didorong dengan kursi roda menuju ambulan didampingi petugas.

Tak sendiri, Susilowati didampingi Moh. Agus Pribowo, dr. Suharsono dan Cut IntanSusi yang tergabung dalam Tim Pendampingan Jemaah Haji Lansia menemani 3 jemaah demensia ini ke Masjidil Haram.

Ajaib, kondisi mereka yang sebelumnya demensia saat mendegar kata akan diakak di Masjidil Haram seolah hilang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat