androidvodic.com

Sejarah Baseball Amerika Catatkan Sejarah: Baru Pertama Tanpa Penonton - News

News, AMERIKA - Baseball menjadi olahraga populer bagi masyarakat Amerika Serikat dan usianya sudah 114 tahun. Tapi pertandingan liga utama baseball yang berlangsung Rabu di Baltimore telah mencetak sejarah karena baru pertama kali tak disaksikan penonton.

Penonton dilarang masuk ke dalam stadion, dampak dari penjarahan dan kerusuhan yang berlangsung di Baltimore. Akibatnya, dua pertandingan antara Baltimore Orioles dan Chicago White Sox yang dijadwalkan berlangsung Senin dan Selasa lalu harus ditunda. Sementara jam malam berlaku antara pukul 10 malam hingga pukul 5 pagi diterapkan di Baltimore.

Major League Baseball memutuskan tetap melangsungkan pertandingan Rabu, (29/4/2015) tapi melarang penonton masuk - termasuk yang telah memiliki tiket - karena khawatir pertandingan akan memicu kerusuhan. Pertandingan juga digelar siang hari bukan malam.

Manajer tim Orioles Buck Showalter mengatakan keputusan diambil dengan mempertimbangkan apa yang terbaik bagi keamanan warga Baltimore. "Kami tidak ingin menempatkan para fans dalam keadaan bahaya," ujarnya seperti dilansir VOA Indonesia, Jumat (30/4/2015).

Dalam pertandingan Rabu di stadion Camden Yards, tidak terlihat ada penjual menjajakan kacang atau bir. Kios-kios penjaja suvenir di area stadion juga tutup. Semua pintu masuk dikunci kecuali satu dan hanya terbuka bagi media.

Pertandingan yang unik ini memang mengundang perhatian para reporter dan fotografer. Bilik pers di stadion hampir penuh terisi mulai dari tiga jam sebelum pertandingan dimulai.

Pertandingan tertutup pernah beberapa kali dilangsungkan untuk sepakbola terutama di Eropa. Ini dilakukan untuk mencegah kekerasan yang dipicu kelakuan liar para penggemar. Namun di Amerika kerusuhan masal hampir tidak pernah mempengaruhi berlangsungya pertandingan olahraga.

Saat terjadi kerusuhan di Los Angeles pada 1992, tim baseball Dodgers menunda serangkaian pertandingan melawan Montreal Expos. Pada 1967, Orioles dan Detroit Tigers menunda sebuah pertandingan akibat kerusuhan di Detroit.

Sejarawan baseball mengatakan ini pertama kalinya sebuah pertandingan baseball di Amerika berlangsung tanpa penonton. Rekor terendah sebelumnya dicatat pada 1882 di mana hanya ada enam penonton dalam pertandingan antara Worcester Ruby Legs dan Troy Trojans - dua tim ini sudah tidak aktif lagi sejak abad ke-19.​ (VOA Indonesia)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat