androidvodic.com

George Weah Segera Dilantik Jadi Presiden Liberia - News

News, ABIDJAN - Liberia siap melantik presiden terbarunya, mantan pesepakbola George Weah, Senin (22/1/2018).

Weah resmi terpilih menjadi presiden ke-25 negara di wilayah barat Afrika itu usai memenangkan 61,5 persen suara pada pemilihan presiden 26 Desember lalu.

Dengan demikian, Weah akan menjadi pengganti Ellen Johnson, sang petahana yang menjadi presiden perempuan pertama Liberia dan telah menjabat selama 12 tahun.

Menjelang pelantikannya, Minggu (21/1/2018), George Weah mengunggah sebuah cuitan soal masa depan Liberia.

"Dalam beberapa bulan ke depan, kita bersama harus bekerja keras bersama agar Liberia bisa bertumbuh menjadi lebih kuat," tulis Weah.

"Ini merupakan kesempatan kita untuk menunjukkan potensi sebenarnya negara kita pada dunia," lanjutnya.

Presiden terpilih Liberia, George Weah.
Presiden terpilih Liberia, George Weah. (Daily Mail/EPA)

Baca: Ikuti Jejak George Weah, Mantan Bek AC Milan Terpilih Wali Kota Tbilisi

Semasa kampanye, George Weah, secara gamblang menyuarakan semangat untuk kembali membangkitkan perekonomian.

Namun, Weah dihadapi dengan ekspektasi tinggi dari para pendukungnya, yang mayoritas datang dari golongan muda dan mengharapkan peningkatan kesempatan kerja.

Selain ekspektasi dari pendukung, Weah juga akan menghadapi tantangan perekonomian yang tengah lesu akibat ketergantungannya pada ekspor karet dan bijih besi.

Untuk itu, Weah telah berjanji untuk menjadikan perekonomian Liberia lebih mandiri dengan mendorong sektor pertanian dan memberikan pelatihan keterampilan.

Sebelum menempati posisi di kursi kepresidenan, George Weah mengawali kariernya sebagai seorang striker selama 14 tahun, tepatnya sejak ia berusia 15 tahun.

Dia juga pernah bermain untuk AC Milan, klub sepakbola ternama dari Italia.

Setelah menjadi bintang di liga nasional Liberia, Weah ditarik manajer sepak bola Arsène Wenger untuk mencoba peruntungan di liga Eropa.

Pesepakbola Afrika pertama yang dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Dunia FIFA pada 1995 ini juga sempat bermain di Liga Utama Inggris sebelum memutuskan pensiun dari lapangan hijau.

Weah memulai pergerakannya di dunia perpolitikan Liberia dengan mencalonkan diri di pemilihan presiden Liberia 2005, yang berakhir dikalahkan oleh petahana Ellen Johnson.

Kali keduanya mencalonkan diri di pemilihan presiden 2011, Weah lagi-lagi kalah dari Johnson, sebelum akhirnya memenangkan pemilihan presiden 2017. (M&G/Eyewitness News). 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat