androidvodic.com

Ex Intel Israel Duga Virus Corona Senjata Biologis China yang Bocor dari Lab, Soleman Ponto Curiga - News

News - Mantan intelijen Israel, Dany Shoham, sempat menduga virus corona adalah senjata biologis China yang bocor dari sebuah laboratorium di Wuhan.

Menanggapi hal itu, mantan Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) Laksamana Muda TNI (Purn.) Soleman Ponto juga mencurigai kemunculan virus corona yang begitu tiba-tiba.

Dilansir News, kecurigaan ini diungkapkan Soleman dalam SAPA INDONESIA MALAM tayangan YouTube KOMPASTV, Rabu (28/1/2020).

Ketika ditanya soal kabar kebocoran lab di China, Soleman menyebut adanya kemungkinan kebocoran yang disebabkan karena virus yang lolos dari filter.

"Mungkinkah kemudian apa yang disampaikan oleh intelijen Israel bahwa virus corona ini merupakan senjata biologis yang bocor dari sebuah lab di Wuhan?" tanya pembawa acara Aiman Witjaksono.

"Jadi yang namanya percobaan, namanya penelitian, kan tidak ada penelitian yang 100 persen itu aman, secure," jawab Soleman.

"Bisa saja itu terjadi kekeliruan, atau si virus ini mungkin lebih kecil dari filter-filter yang disiapkan saat itu."

"Ya namanya percobaan, kan kita tidak tahu seperti apa," imbuhnya.

Soleman menyebut bisa jadi China sebenarnya sudah mengantisipasi dengan filter namun ukuran virus tersebut terlalu kecil sehingga menyebar.

"Jadi dia lepas saja dari filter-filternya ini, mungkin filternya 1 mikron, dia setengah mikron, yang lepas. Mungkin anaknya, apanya yang lepas," terang Soleman.

"Kemudian dia berinkubasi atau beranak di alam yang lain."

Meski demikian, Soleman menegaskan virus corona sebagai senjata biologis China tak mungkin bisa dibuktikan.

"Tapi tidak akan pernah bisa dibuktikan ketika ini memang bagian dari lab yang bocor?" tanya Aiman.

"Oh enggak bisa, itu tidak akan pernah dibuktikan, kita lihat saja hasilnya," jawab Soleman.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat