androidvodic.com

Klarifikasi Trump Usai Usulkan Basmi Covid-19 dengan Suntik Disinfektan: Itu Pertanyaan Sarkastis - News

News, WASHINGTON DC - Presiden Amerika Serikat Donlad Trump sempat membikin heboh publik karena usulannya yang tak lazim.

Menyuntikkan disinfektan ke dalam tubuh dan penggunaan sinar Ultraviolet (UV) menurutnya kemungkinan bisa membunuh virus corona atau Covid-19.

Baca: Pernyataan Kontroversial Trump: Suntikkan Disinfektan ke Dalam Tubuh dan Sinar UV Basmi Covid-19

Sejumlah kalangan pun langsung bereaksi atas usulan tersebut.

Donald Trump lalu angkat bicara mengklarifikasi usulannya yang sempat mengundang kritik keras dari berbagai kalangan.

Melansir Kompas.com, dia berkilah bahwa dia sedang melontarkan pertanyaan yang sarkastis saat mengusulkan suntik disinfektan

"Saya mengajukan pertanyaan secara sarkastis kepada jurnalis seperti Anda, lihat yang terjadi," ujarnya dalam konferensi pers di Gedung Putih.

Saat jumpa pers Kamis malam (23/4/2020), Trump beralih kepada tim ilmuwan, dan bertanya mengenai peran disinfektan untuk memerangi Covid-19.

Saat itu, dia menyatakan bahwa bahan itu bisa membunuh virus corona hanya dalam waktu satu menit, dan mengucapkan kalimat yang menjadi sorotan.

"Khasiatnya bisa didapat dengan cara lain, yaitu dengan menyuntikannya atau sekadar menjadikannya pembersih?" tanya presiden 73 tahun itu.

Dia menuturkan seperti dilansir AFP Jumat (24/4/2020), cairan itu memberikan banyak kegunaan jika disuntikkan ke dalam paru-paru.

Sejak ucapannya menjadi viral, Trump kemudian mengklarifikasi bahwa dia berbicara kepada awak media, dengan menempatkan "kalimat sarkastis".

Tetapi, pada kenyatannya sang presiden berbicara langsung kepada pejabat Kementerian Keamanan Dalam Negeri yang berada di Gedung Putih, Bill Bryan.

Duduk di samping Bryan adalah penasihat Gedung Putih untuk kesehatan, Dr Deborah Birx dalam memberi pemaparan respons pemerintah atas virus corona.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat