androidvodic.com

China Hentikan Impor Unggas AS Setelah Adanya Temuan Kasus Corona di Pabrik Tyson Foods - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, BEIJING - China telah menunda sementara pengiriman produk unggas dari sebuah pabrik yang dimiliki oleh raksasa daging yang berbasis di Arkansas, Amerika Serikat (AS), Tyson Foods.

Hal ini dilakukan setelah ratusan pekerja di pabrik itu dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19).

Semua produk yang dikirim dari pabrik itu, termasuk yang baru saja tiba di pelabuhan China dan masih dalam perjalanan, untuk sementara akan ditahan.

Baca: Beberapa Fakta Menarik di Balik Ketegangan Militer India dan China

Seperti yang diumumkan Administrasi Umum Kepabeanan China dalam situs web resminya.

Kendati menunda sementara impor unggas dari pabrik tersebut, otoritas China tidak menyebutkan secara pasti berapa volume daging yang terdampak keputusan itu.

Dikutip dari laman Russia Today, Senin (22/6/2020), Bea Cukai China mengatakan bahwa penangguhan ekspor ini dilakukan setelah adanya temuan para pekerja di pabrik Tyson Foods terinfeksi corona.

Pekan lalu, perusahaan AS itu pun mengungkapkan hasil pengujian corona skala besarnya di fasilitas yang ada di Benton dan Washington Counties.

Berdasar pada pengujian tersebut, lebih dari 480 karyawan atau sebanyak 13 persen pekerja dinyatakan terinfeksi virus, mayoritas dari mereka bahkan tidak menunjukkan gejala corona.

Perusahaan ini juga menyampaikan kepada media bahwa mereka sedang mempertimbangkan keputusan yang ditetapkan oleh China ini.

Namun manajemen perusahaan menekankan, tidak ada bukti yang menunjukkan penularan virus ini bisa terjadi melalui makanan.

Selain itu perusahaan juga memastikan bahwa mereka selama ini telah bekerja sama dengan otoritas keamanan pangan AS.

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa proses produksi semua makanan telah sesuai dengan protokol kesehatan sebagai persyaratan keamanan yang diterapkan pemerintah.

Saat ini China kembali meningkatkan kewaspadaannya sejak wabah baru ditemukan di pasar grosir Xinfadi Beijing pada pekan lalu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat