androidvodic.com

Media Pemerintah China: 72 Jam Konsulat AS di Chengdu Harus Sudah Tutup - News

News, BEIJING -- China memerintahkan Amerika Serikat untuk menutup Konsulat di kota Chengdu pada Jumat (24/7/2020).

Sama seperti langkah AS ketika meminta menutup Konsulat di Houston, China memberikan waktu yang sama, yakni 72 jam bagi negera Paman Sam untuk menutup Konsulat di kota Chengdu.

Demikian pemimpin redaksi media pemerintah China, Global Times, Hu Xijin mengatakan pada Jumat (24/7/2020), seperti dilansir Reuters.

Global Times diterbitkan oleh People's Daily, Surat Kabar resmi dari Partai Komunis China yang berkuasa.

"China telah memerintahkan Amerika Serikat untuk menutup Konsulat di kota barat daya Chengdu dalam 72 jam," ujar Hu Xijin.

Ia mengatakan pihak China memberitahukan perintah itu kepada AS pada Jumat (24/7/2020) pukul 10 pagi waktu setempat.

Artinya, Senin pekan depan pada pukul 10 pagi, konsulat AS itu sudah harus kosong.

Baca: China Balas Perlakuan AS, Konsulat AS di Chengdu Diperintahkan Ditutup

Aksi balasan ini terjadi hanya berselang sekitar 48 jam setelah tersiar informasi bahwa pemerintah AS memerintahkan China untuk menutup kantor konsulatnya di Houston.

"Tindakan yang diambil oleh China adalah respons yang sah dan perlu atas tindakan yang tidak bisa dibenarkan dari AS,” demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri China, Jumat (24/7/2020).

SebelumnyabChina telah memperingatkan akan membalas AS yang memberikan waktu 72 jam-sampai Jumat-untuk mengosongkan Konsulat Houston.

"AS mengambil langkah serius melanggar hukum internasional, norma dasar hubungan internasional, dan persyaratan Konvensi Konsuler China-AS. Ini serius merugikan hubungan China-Amerika," demikian Kementerian Luar Negeri Cina mengatakan dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters, Jumat (24/7/2020).

"Kementerian Luar Negeri China memberi tahu Kedutaan besar AS di China mengenai keputusannya untuk mencabut persetujuannya untuk pendirian dan pengoperasian Konsulat Jenderal AS di Chengdu," katanya.

Departemen Luar Negeri AS dan Kedutaan besar AS di Beijing tidak segera merespon langkah balasan China.

AS Beri China 72 Jam untuk Tutup Konsulat di Houston

Amerika Serikat memberikan waktu 72 jam terhadap China untuk menutup Konsulat di Houston di tengah tuduhan memata-matai.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat