androidvodic.com

Disumpah di Atas Alkitab Berusia 127 Tahun, Joe Biden Resmi Sebagai Presiden ke-46 Amerika Serikat - News

Laporan Wartawan News, Srihandriatmo Malau

News, WASHINGTON – Joe Biden telah resmi menjadi Presiden ke-46 Amerika Serikat (AS), Rabu (20/1/2021) pukul 12.00 waktu setempat.

Biden mengambil sumpah jabatan tepat sebelum tengah hari pada Rabu (20/1/2021), dalam upacara di Gedung Capitol AS.

 Sumpah presiden dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung AS John Roberts, demikian dilaporkan Associated Press pada Kamis (21/1/2021).

Biden disumpah menggunakan Alkitab yang telah ada di keluarganya sejak 1893 dan digunakan selama pengambilan sumpahnya sebagai wakil presiden pada 2009 dan 2013 lalu.

Baca juga: Penyanyi Lady Gaga Pimpin Nyanyikan Lagu Kebangsaan AS di Pelantikan Biden - Harris

Alkitab setebal 5 inci, yang dapat dilihat di atas meja di sebelah kursi Biden dipegang oleh isterinya. Alkitab ini juga digunakan setiap kali Biden disumpah sebagai senator AS.

Putra mendiang Biden, Beau, juga menggunakan Alkitab yang sama saat upacara pengambilan sumpahnya sebagai jaksa agung Delaware dan membantu membawa Alkitab ke upacara ayahnya tahun 2013.

Baca juga: Jelang Pelantikan Biden, KBRI Keluarkan Imbauan Untuk WNI

Sebelum Biden, Kamala Harris telah dilantik terlebih dahulu sebagai wakil presiden perempuan pertama di Amerika Serikat (AS), pada Rabu (20/1/2021) siang waktu setempat.

Mantan senator AS dari California ini juga merupakan orang Kulit Hitam pertama dan orang pertama keturunan Asia Selatan yang terpilih menjadi wakil presiden dan menjadi wanita berpangkat tertinggi yang pernah menjabat dalam pemerintahan.

Dia dilantik pada Rabu (20/1/2021) oleh Hakim Mahkamah Agung Sonia Sotomayor, orang Amerika Latin  pertama yang bertugas di Mahkamah Agung.

Baca juga: BREAKING NEWS Joe Biden Resmi Dilantik sebagai Presiden ke-46 Amerika Serikat

Wakil Presiden Mike Pence, yang hadir untuk mewakili Presiden Donald Trump, sedang duduk di dekat Harris, saat Lady Gaga menyanyikan lagu kebangsaan AS didampingi oleh band Korps Marinir AS.

Sebelumnya diberitakan Wakil Presiden Mike Pence telah tiba di pelantikan Presiden Terpilih Amerika Serikat Joe Biden, Rabu (20/1/2021) waktu setempat.

Pence dan istrinya, Karen Pence, diumumkan pada perayaan perdana di Capitol AS sekitar satu jam menjelang upacara pengambilan sumpah Biden. Demikian dilaporkan AP.

Pence mewakili pemerintahan Trump yang hadir pada pengukuhan Biden. Presiden Donald Trump melewatkan perayaan itu, berangkat dari Washington sebelumnya pada hari terakhir untuk terakhir kalinya sebagai presiden.

Baca juga: Tiga Mantan Presiden Amerika Serikat Bakal Hadir dalam Upacara Pelantikan Joe Biden

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat