androidvodic.com

Biden Pecat Dokter Kepresidenan yang Kontroversial di Era Trump - News

News, WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengganti dokter kepresidenan yang kontroversial.

Dokter kepresidenan itu pernah menyesatkan publik tentang kondisi Donald Trump setelah mantan presiden terjangkit Covid-19 tahun lalu.

Kantor Berita Independent, Selasa (26/1/2021) melaporkan Biden  memilih dokter lamanya untuk menjabat sebagai dokter Gedung Putih.

Dr Kevin O'Connor, pensiunan kolonel Angkatan Darat AS yang menjabat sebagai dokter Biden selama masa jabatannya sebagai wakil presiden di era Barack Obama, telah ditugaskan menjadi dokter presiden baru, menurut CNN.

Penunjukan itu akan memaksa Dr Sean Conley tersingkir dari posisi dokter Gedung Putih.

Conley, dokter yang membuat Trump menerima kritik tahun lalu karena menyartakan mantan presiden itu dalam kondisi "sangat baik" setelah didiagnosis terinfeksi Covid-19.

Padahal sebenarnya laporan menunjukkan Trump sesak nafas dan harus menerima bantuan oksigen  serta mengalami efek samping yang terkait dengan penyakit yang disebabkan oleh virus corona.

Meskipun tidak jarang presiden baru menggantikan dokter Gedung Putih tak lama setelah pelantikannya, seperti dilaporkan CNN pada Senin (25/1/2021), banyak dokter petahana juga tetap bekerja melalui transisi kekuasaan dan ke pemerintahan baru.

Baca juga: Biden Pesimistis 17 Senator Partai Republik akan Memilih untuk Memakzulkan Trump

Namun untuk Dr Conley berbeda setelah ia menerima gelombang serangan balik atas informasi menyesatkan yang dibuatnya pada saat memberikan keterangan pers di luar Walter Reed Medical Center pada bulan Oktober lalu, ketika dia menjawab pertanyaan tentang laporan yang menunjukkan Trump menerima oksigen.

Dokter Trump menghindari pertanyaan tentang bantuan oksigen dan mengatakan mantan presiden itu dalam kondisi sangat baik.

Menurut CNN, dr Conley terlihat meninggalkan Gedung Putih bersama Trump pada hari terakhirnya sebagai presiden.

 Gedung Putih belum memberikan pernyataan tentang penunjukan dr O'Connor, dan tidak menanggapi permintaan tanggapan.

Namun, baru-baru ini O'Connor memeriksa kondisi kesehatan Biden saat pencapresan, pada 2019. Dr O'Connor menggambarkan Biden — presiden tertua yang pernah dilantik di AS- dalam kondisi sehat dan kuat untuk melaksanakan tugas-tugas kepresidenan."

Dr O'Connor akan melakukan perjalanan dengan Biden dan mengawasi kesehatan keluarga warga nomor satu AS itu, bersama dengan staf Unit Medis Gedung Putih.(Independent/CNN)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat