androidvodic.com

Presiden Filipina ‘Duterte’ Ancam Penjarakan Warga yang Tolak Vaksin Covid-19 - News

News, MANILA - Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengancam akan memenjarakan orang-orang yang menolak untuk divaksinasi virus corona saat negeri tersebut sedang memerangi wabah terburuk di Asia, dengan lebih dari 1,3 juta kasus dan lebih dari 23.000 orang meninggal.

"Anda memilih, vaksin atau saya akan membuat Anda dipenjara," tegas Duterte dalam  siaran di televisi pada Senin (21/6/2021) waktu setempat, seperti dilansir Reuters dan Channel News Asia, Selasa (22/6/2021).

Hal ini disampaikan Duterte  menyusul laporan jumlah warga datang untuk divaksin rendah di beberapa lokasi vaksinasi di ibukota Manila.

Baca juga: Filipina Tandatangani Kesepakatan 40 Juta Dosis Vaksin Pfizer-BioNTech

Ucapan Duterte bertentangan dengan para pejabat kesehatannya yang telah mengatakan vaksinasi adalah sukarela bukan paksaan.

"Jangan salah paham, ada krisis di negara ini," kata Duterte.

"Saya hanya merasa terganggu oleh orang Filipina tidak mendukung pemerintah."

Pada 20 Juni, otoritas Filipina telah memvaksinasi 2,1 juta orang.

Angka ini lambat memenuhi target pemerintah agar imunisasi mencapai hingga 70 juta orang tahun ini di negara berjumlah 110 juta.

Keputusan Duterte ini mengigatkan pada sikapnya terhadap perang narkoba di Filipina.

Kelompok-kelompok hak asasi manusia memprotes pihak berwenang telah secara ringkas mengeksekusi tersangka narkoba.

Baca juga:  Filipina Tewaskan 4 Militan Abu Sayyaf, Termasuk Komandan Dan Calon Pengantin Bom Bunuh Diri

Di sisi lain, Pemerintah Filipina telah menandatangani perjanjian untuk 40 juta dosis vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Pfizer dan BioNTech.

Ini merupakan kesepakatan vaksin Covid-19 terbesar hingga saat ini yang pernah terjadi.

“Pengiriman vaksin akan dimulai "setelah delapan minggu mulai Agustus", kata kepala pengadaan Vaksin, Carlito Galvez seperti dilansir Reuters dan Channel News Asia, Senin (21/6/2021).

Pekan lalu Filipina memulai program memvaksinasi 35 juta orang yang bekerja di luar rumah, sambil terus mengimunisasi sektor prioritas seperti tenaga kesehatan dan warga lanjut usia, berharap untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity pada tahun ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat