androidvodic.com

Banjir dan Longsor di Jepang, 6 Korban Tewas, Petugas Masih Mencari 4 Warga yang Hilang - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Jepang

News, TOKYO - Sebanyak 6 korban tewas dan 4 orang lainnya dinyatakan hilang akibat hujan lebat yang mengakibatkan banjir dan longsor di 9 wilayah Jepang.

Enam orang yang meninggal masing-masing 3 korban meninggal di saluran irigasi di Prefektur Nagasaki dan tiga orang meninggal dalam bencana tanah longsor yang terjadi di Prefektur Nagano.

Sehingga secara total hingga Minggu (15/8/2021) kemarin jumlah korban meninggal 6 orang.

Demikian pula 4 orang yang hilang hingga hari ini masih dalam pencarian pihak penanggulangan bencana alam Jepang.

Operasi penyelamatan berlanjut di daerah-daerah yang terkena hujan lebat.

Kerusakan akibat hujan deras karena luapan sungai, perintah evakuasi telah dikeluarkan untuk hampir 2 juta penduduk di bagian barat daya.

Banjir sampai melebihi satu meter. Warga menyeberang jalan di perumahannya, separuh badannya terendam air di Fukuoka, Sabtu (15/8/2021).
Banjir sampai melebihi satu meter. Warga menyeberang jalan di perumahannya, separuh badannya terendam air di Fukuoka, Sabtu (15/8/2021). (Koresponden News/Richard Susilo)

Di Kyushu utara, meskipun hujan telah mereda untuk sementara waktu, hujan lebih lanjut diperkirakan akan terjadi pada malam hari.

Sungai Meguro di Tokyo kemarin sempat penuh dan sedikit meluap sehingga membuat waswas penduduk setempat.

Daerah banjir dan longsor di Jepang yang cukup parah adalah Unzen di Nagasaki, Nishiku dan Enogawa di Hiroshima, Okaya di Nagano, daerah Sungai Rokkaku di Saga, daerah sungai Hida di Gifu, serta kota Soeda Tagawa di Fukuoka.

Hujan deras di Jepang diperkirakan akan tetap berlangsung hingga Rabu (18/8/2021) di berbagai tempat di Jepang.

Baca juga: Banjir dan Longsor di Nagasaki Jepang, Seorang Pria dan Anaknya Hilang

Kota Ureshino, Prefektur Saga dengan lebat hujan sangat tinggi volumenya mencapai 1024 mm air per detik, Kota Unsen, Prefektur Nagasaki 936 mm, Kota Yamaga, Prefektur Kumamoto 855,5 mm, Kota Omuta, Prefektur Fukuoka 855 mm, Kota Sunopikuokuhita, Prefektur Oita 766,5 mm.

"Hujan yang sangat lebat kali ini, ditambah lagi 3 hari berturut-turut hujan lebat sejak Jumat minggu lalu, membuat banyak daerah kebanjiran dan longsor terjadi di tempat-tempat tersebut," ungkap sumber News, Minggu (15/8/2021).

Sementara itu beasiswa (ke Jepang) dan upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif melalui aplikasi zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang. Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat