androidvodic.com

Taliban Janji Tidak Akan Ada Balas Dendam, Warga Tinggalkan Ibu Kota Kabul - News

News - Juru Bicara Taliban Suhail Shaeen mengatakan bahwa tidak ada balas dendam terhadap rakyat Afghanistan.

"Kami meyakinkan orang-orang di Afghanistan, khususnya di kota Kabul, bahwa properti mereka, hidup mereka aman, tidak akan ada balas dendam pada siapa pun," kata Suhail Saheen kepada BBC, Minggu (15/8/2021).

“Kami adalah pelayan rakyat dan negara ini,” ujar Saheen, yang memanggil wartawan BBC untuk siaran langsung.

Pernyataan Saheen disampaikan setelah Taliban menguasai ibu kota Afghanistan, Kabul, pada Minggu. Dan pada hari yang sama Presiden Ashraf Ghani mengakui kemenangan Taliban melalui media sosial Facebooknya.

Jatuhnya Kabul ke tangan Taliban mewarnai puncak serangan Taliban menyusul penarikan mundur pasukan Amerika Serikat dari Afghanistan yang berakhir pada 31 Agustus mendatang.

Baca juga: Afghanistan Jatuh ke Taliban dengan Cepat, Ini “Kesalahan” Pentagon yang Diduga Menyebabkannya

Baca juga: Taliban Nyatakan Perang di Afghanistan Telah Berakhir, Dubes AS Dilarikan ke Bandara

Keberhasilan Taliban membuat banyak warga Afghanistan takut negeri itu akan kembali ke rezim tahun 1990-an, yang ditandai dengan eksekusi di depan umum, hukuman rajam, dan pelarangan anak perempuan dari sekolah.

Dilansir dari BBC, banyak warga Afghanistan berbondong-bondong meninggal Kabul. Mereka yang takut pengambilalihan kekuasaan ini memadati jalan dan lalu lintas menuju ke luar kota.

Farzana Elham, dan anggota parlemen di Kabul, mengatakan kepada BBC bahwa warga ketakutan dan berusaha meninggalkan kota atau bersembunyi di rumah mereka.

Mengantisipasi kecepatan maju Taliban, Presiden Afghanistan Ashraf Ghani telah melarikan diri dari negeri itu Minggu (15/8/2021).

Dilansir dari dari Channel News Asia, Ghani pergi ketika pemberontak mendekati ibu kota, sebelum akhirnya memasuki kota dan mengambil alih istana presiden, menyegel kemenangan militer nasional hanya dalam 10 hari.

Baca juga: Kabur saat Taliban Kuasai Negara, Presiden Afghanistan Ashraf Ghani Disebut Berkhianat dan Memalukan

Baca juga: Sekjen NATO: Taliban Tak akan Dapat Pengakuan Internasional Jika Ambil Alih Afghanistan Secara Paksa

Namun Ghani mengeluarkan pernyataan yang diposting di Facebook.

"Taliban telah menang melalui kekuatan senjatanya, dan sekarang bertanggung jawab atas kehormatan, properti, dan pertahanan diri warga negara mereka," kata Ghani.

"Mereka sekarang menghadapi ujian sejarah baru. Entah mereka akan mempertahankan nama dan kehormatan Afghanistan atau mereka akan memprioritaskan tempat dan jaringan lain," ujarnya.

Ghani mengatakan ia  pergi untuk mencegah "banjir pertumpahan darah".

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat