androidvodic.com

Kecam Aliansi Indo-Pasifik AS, Korut Akan Balas Jika Berdampak Pada Keamanannya - News

News, SEOUL - Kementerian Luar Negeri Korea Utara Senin (20/09/2021) mengatakan aliansi baru AS di Indo-Pasifik dan kontrak kapal selam AS dengan Australia dapat memicu perlombaan senjata nuklir di wilayah tersebut.

Amerika Serikat pekan lalu mengumumkan pakta keamanan dengan Inggris dan Australia, sebagai bagian dari kemitraan strategis di mana kapal selam nuklir AS akan dipasok ke Canberra.

"Ini adalah tindakan yang sangat tidak diinginkan dan berbahaya yang akan mengganggu keseimbangan strategis di kawasan Asia-Pasifik dan memicu rantai perlombaan senjata nuklir," kata media pemerintah Korea Utara KCNA mengutip seorang pejabat kementerian luar negeri.

"Ini menunjukkan bahwa AS adalah pelaku utama yang menyisihkan sistem non-proliferasi nuklir internasional," kata seorang kepala bagian berita asing di Departemen Pers dan Informasi kementerian.

Pada hari Rabu (15/9/2021), Korea Utara menembakkan dua rudal ke laut, dengan Seoul berhasil melakukan uji coba peluncuran rudal balistik kapal selam beberapa jam kemudian.

Baca juga: Prancis Merasa Ditikam Dari Belakang, Tuduh AS Gagalkan Kesepakatannya dengan Australia

Baca juga: Korea Utara Uji Coba Rudal Balistik Yang Diluncurkan dari Kereta Api

Serentetan uji coba rudal dan kesepakatan pertahanan di Pasifik telah menyoroti perlombaan senjata regional yang semakin intensif di saat meningkatnya persaingan China-AS.

"Sangat wajar jika negara-negara tetangga termasuk China mengutuk tindakan ini sebagai tindakan tidak bertanggung jawab yang menghancurkan perdamaian dan stabilitas kawasan," kata pejabat Korea Utara itu.

Kebijakan Presiden AS Joe Biden dalam aliansi pertahanan Australia-AS-Inggris ini dipandang bertujuan untuk melawan kebangkitan China.

Hubungan pemerintahan  yang dijalankan Biden terhadap Korea Utara dianggap berubah dari pendahulunya, Donald Trump.

Trump dianggap terlibat dalam hubungan diplomatik yang luar biasa dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Baca juga: Presiden Biden Ajak Macron Segera Bahas Kesepakatan Kapal Selam Australia

Baca juga: Armada Kapal Selam Nuklir Australia Untuk Antisipasi Konflik Dengan China, Apakah Negara Barat Siap?

"Sikap kesepakatan ganda AS semakin jelas setelah munculnya pemerintahan baru mengikis norma dan ketertiban internasional yang diterima secara universal dan secara serius mengancam perdamaian dan stabilitas dunia," kata pejabat kementerian Korea Utara.

“Korea Utara pasti akan mengambil tindakan balasan yang sesuai jika hal itu berdampak pada keamanan negara kami,” katanya, seperti dilansir dari Channel News Asia.

Kesepakatan Aukus itu akan membuat AS berbagi teknologi kapal selamnya untuk pertama kalinya dalam 60 tahun, setelah sebelumnya hanya membagikannya sekali dengan Inggris.

Ini berarti Australia akan mampu membangun kapal selam bertenaga nuklir yang lebih cepat dan lebih sulit dideteksi daripada armada bertenaga konvensional.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat