androidvodic.com

Presiden Biden: AS Akan Balas Setiap Aksi Iran - News

News, ROMA - Presiden AS Joe Biden mengatakan Washington akan membalas setiap tindakan yang mungkin dilakukan Iran melawan kepentingan AS.

Biden menyampaikan ancaman itu di Roma, Italia, Senin (1/11/2021) seusai KTT G20. Pekan lalu, dikabarkan drone Iran menyerang pangkalan militer At Tanf di Suriah.

Pangkalan ini digunakan pasukan AS yang masih bercokol di wilayah perbatasan Irak-Suriah. Sebagian wilayah itu juga dikontrol pasukan Kurdistan.   

“Terkait bagaimana kami menanggapi tindakan mereka terhadap kepentingan AS apakah ada serangan pesawat tak berawak atau apa pun, kami akan terus merespons,” kata Biden.

Meski disebut dilakukan Iran, tidak ada pernyataan resmi atau pengakuan serangan udara ke Pangkalan A Tanf itu benar-benar dilakukan militer Iran.

Baca juga: Jenderal Iran Tuduh AS dan Israel Sabot Jaringan Pompa Bensin Negara Itu

Baca juga: Serangan Siber Besar-besaran, Semua SPBU di Iran Lumpuh dan Kartu Subsidi Tak Berlaku

Media AS mengutip sumber anonim kalangan militer, Iran diduga mendanai, memfasilitasi, dan mendorong serangan pesawat tak berawak baru-baru ini kei Pangkalan at-Tanf.

Pemerintah Suriah berulang kali mengutuk kehadiran militer AS yang tidak sah di negara tersebut. Suriah hanya secara resmi meminta bantuan Rusia mengatasi pemberontakan di wilayah mereka.

Pada akhir Juni, Biden mengizinkan "serangan udara presisi defensif" di sepanjang perbatasan Irak-Suriah.

Serangan itu menghantam fasilitas yang diduga digunakan militan yang didukung Iran. Serangan itu diklaim sebagai pembalasan atas serangan sebelumnya yang menargetkan fasilitas dan personel AS di Irak.

Lebih lanjut, Biden mengatakan kembalinya kesepakatan nuklir akan tergantung pada tindakan Iran, serta tekanan dari sekutu AS.

Dia juga mencatat tekanan seperti itu dapat mencakup pengaruh ekonomi bagi Iran untuk membayar harga ekonomi karena menolak untuk kembali ke kesepakatan.

Biden juga mengadakan pertemuan sebelumnya dengan para pemimpin dari tiga anggota Rencana Aksi Komprehensif Gabungan Eropa Barat (JCPOA), Prancis, Jerman, dan Inggris.

Mereka membahas perkembangan penguasaan nuklir Iran, yang menurut para pemimpin Negara tersebut, merupakan ancaman bagi internasional.

“Kami berkumpul untuk menegaskan kembali keyakinan bersama kami bahwa diplomasi adalah cara terbaik untuk mencegah Iran mendapatkan senjata nuklir,” kata Biden.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat