androidvodic.com

Tutup Tahun 2021, Biden Cabut Pembatasan Perjalanan 8 Negara Afrika Selatan - News

News - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden secara resmi mencabut pembatasan perjalanan di delapan negara Afrika Selatan, pada Selasa (28/12/2021).

Delapan negara yang dimaksud antara lain Botswana, Zimbabwe, Namibia, Lesotho, Eswatini, Mozambik, dan Malawi.

Pembatasan perjalanan mulai diberlakukan bulan lalu untuk memperlambat penyebaran varian virus Corona jenis baru, Omicron.

Biden menegaskan pembatasan itu tidak lagi diperlukan untuk melindungi kesehatan masyarakat.

Baca juga: Omicron Terdeteksi di Malaysia, Masuk Lewat Orang Asing dari Afsel, Bagaimana Antisipasi Indonesia?

Baca juga: POPULER Internasional: Dokter Austria Salah Amputasi Kaki | Afsel Kritik Pembatasan Sejumlah Negara

Presiden AS Joe Biden menyampaikan pidato tentang berakhirnya perang di Afghanistan, di Gedung Putih pada 31 Agustus 2021.
Presiden AS Joe Biden menyampaikan pidato tentang berakhirnya perang di Afghanistan, di Gedung Putih pada 31 Agustus 2021. (AFP)

Melansir Al Jazeera, larangan itu akan dicabut pada Jumat (31/12/2021) pukul 12:01 (05:01 GMT).

Pemerintahan Biden telah mengumumkan niatnya untuk membatalkan pembatasan perjalanan akhir pekan lalu, ketika pejabat kesehatan mengumumkan Omicron telah menjadi jenis virus yang dominan di negara itu.

“Yang penting, para ahli ilmiah telah menentukan bahwa orang yang divaksinasi terhadap COVID-19 dilindungi dari penyakit parah dan rawat inap dari varian Omicron,” kata Biden dalam keputusan Selasa.

Apalagi varian Omicron kini telah menyebar ke lebih dari 100 negara, dan sudah lazim di Amerika Serikat.

AS dan banyak negara di seluruh dunia memberlakukan larangan perjalanan di negara-negara Afrika selatan pada akhir November setelah varian Omicron pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan.

Baca juga: Kasus Covid-19 Afsel Berlipat Ganda dalam Sehari Sejak Temuan Omicron,Hasil Tes Positif Naik 16,5%

Baca juga: Mengenal Omicron, Varian Baru Virus Covid-19 Asal Afsel yang Disebut Sangat Mengkhawatirkan

Pelancong mengantre di konter check-in di Bandara Internasional OR Tambo di Johannesburg pada 27 November 2021, setelah beberapa negara melarang penerbangan dari Afrika Selatan menyusul ditemukannya varian baru Covid-19 Omicron. - Sejumlah negara di seluruh dunia telah melarang penerbangan larangan dari Afrika selatan menyusul penemuan varian tersebut, termasuk Amerika Serikat, Kanada, Australia, Thailand, Brasil, dan beberapa negara Eropa. Negara-negara utama yang menjadi target penutupan termasuk Afrika Selatan, Botswana, eSwatini (Swaziland), Lesotho, Namibia, Zambia, Mozambik, Malawi, dan Zimbabwe. (Photo by Phill Magakoe / AFP)
Pelancong mengantre di konter check-in di Bandara Internasional OR Tambo di Johannesburg pada 27 November 2021, setelah beberapa negara melarang penerbangan dari Afrika Selatan menyusul ditemukannya varian baru Covid-19 Omicron. - Sejumlah negara di seluruh dunia telah melarang penerbangan larangan dari Afrika selatan menyusul penemuan varian tersebut, termasuk Amerika Serikat, Kanada, Australia, Thailand, Brasil, dan beberapa negara Eropa. Negara-negara utama yang menjadi target penutupan termasuk Afrika Selatan, Botswana, eSwatini (Swaziland), Lesotho, Namibia, Zambia, Mozambik, Malawi, dan Zimbabwe. (Photo by Phill Magakoe / AFP) (AFP/PHILL MAGAKOE)

Varian yang menjadi perhatian

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan strain Omicron sebagai "varian yang menjadi perhatian " pada 26 November.

WHO mengatakan awal bulan ini ada "bukti yang konsisten" bahwa Omicron menyebar "secara signifikan lebih cepat" daripada varian Delta yang sebelumnya dominan.

“Kemungkinan besar orang yang divaksinasi atau pulih dari COVID-19 dapat terinfeksi atau terinfeksi ulang,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Baca juga: Dirjen WHO Beri Semangat 3 Member BTS Usai Dinyatakan Positif Covid-19

Baca juga: Pemerintah Sebut Indonesia Telah Capai Target Vaksin Covid-19 Sesuai Rekomendasi WHO

Gambar ilustrasi yang diambil di London pada 2 Desember 2021 menunjukkan empat jarum suntik dan layar bertuliskan 'Omicron', nama varian baru covid 19, dan ilustrasi virus.
Gambar ilustrasi yang diambil di London pada 2 Desember 2021 menunjukkan empat jarum suntik dan layar bertuliskan 'Omicron', nama varian baru covid 19, dan ilustrasi virus. (Justin TALLIS / AFP)

Tetapi para peneliti di Afrika Selatan dan Inggris mengatakan penelitian mereka menunjukkan bahwa varian baru menyebabkan gejala yang lebih ringan dan risiko rawat inap yang lebih rendah daripada jenis Delta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat