androidvodic.com

Negara Tetangga Ukraina Siap-siap Kebanjiran Pengungsi jika Rusia Menginvasi - News

News - Sejumlah negara Eropa Tengah di perbatasan Barat Ukraina bersiap dengan kemungkinan masuknya jutaan pengungsi jika terjadi invasi Rusia ke Ukraina.

"Kami harus bersiap menghadapi gelombang hingga satu juta orang," kata wakil menteri dalam negeri Polandia, Maciej Wsik.

Dilansir The Guardian, sekitar dua juta orang Ukraina tinggal di Polandia. 

Kebanyakan pindah sejak konflik pada 2014 serta untuk mencari pekerjaan.

Pemerintah Polandia kini berencana menampung para pengungsi Ukraina di asrama hingga fasilitas olah raga.

Gambar selebaran yang dirilis pada 19 Februari 2022 oleh layanan pers Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina di lokasi yang tidak diketahui di Ukraina menunjukkan tentara Ukraina mengambil bagian dalam latihan pada 18 Februari 2022.
Gambar selebaran yang dirilis pada 19 Februari 2022 oleh layanan pers Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina di lokasi yang tidak diketahui di Ukraina menunjukkan tentara Ukraina mengambil bagian dalam latihan pada 18 Februari 2022. (STR / ARMED FORCES OF UKRAINE / AFP)

Baca juga: Hentikan Konflik Rusia-Ukraina, Presiden Jokowi: Perang Tidak Boleh Terjadi

Baca juga: Surat dari AS Mengklaim Rusia Targetkan Orang Ukraina yang akan Dibunuh atau Ditahan

Wali Kota Ciechanów di Polandia, Krzysztof Kosiński pada Sabtu lalu menulis cuitan bahwa ia diminta pemerintah untuk mendata fasilitas hingga jumlah pengungsi yang mampu ditampung.

Jumlah warga Ukraina yang akan mengungsi di negara-negara tetangganya sulit diprediksi.

Kebanyakan warga Ukraina di wilayah timur yang diterpa konflik mengungsi di bagian lain negara atau ke Rusia.

"Karena kami sekarang memiliki perjalanan bebas visa dengan Eropa, orang-orang yang ingin pergi sudah melakukannya," kata menteri keuangan Ukraina, Serhiy Marchenko, dalam sebuah wawancara di Kyiv.

"Jika Rusia meningkat dan orang-orang memutuskan untuk pergi ke Eropa untuk mencari tempat yang lebih aman, kemungkinan akan ada lebih sedikit orang," katanya.

Jika peringatan AS dan Inggris soal invasi benar terjadi, maka akan terjadi gelombang pengungsi yang besar.

Selain Polandia, negara Eropa Timur juga mempersiapkan kemungkinan masuknya para pencari suaka.

"Kami sedang menganalisis berapa banyak kamp pengungsi yang dapat kami pasang dalam waktu yang relatif singkat: 10, 12, 24 jam. Kami sedang menganalisis kapasitas penginapan yang ada di wilayah perbatasan tetapi kami juga membahas tahap kedua, dengan wilayah tetangga, dan tahap ketiga di seluruh negeri," kata Menteri Dalam Negeri Rumania, Lucian Bode dalam wawancara TV.

Menteri Dalam Negeri Slovakia, Roman Mikulec, mengatakan pemerintahnya juga siap untuk berperan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat