androidvodic.com

Sinn Fein Partai Terbesar di Irlandia Utara, Serukan Persatuan Nasional Irlandia - News

News, DUBLIN – Pemimpin Sinn Fein, Michelle O'Neill, telah menyerukan pembicaraan terkait persatuan Irlandia, setelah partainya muncul sebagai partai terbesar di Irlandia Utara.

Ini pertama kali dalam sejarah Sinn Fein memenangi Pemilu di wilayah yang diperintah Inggris. Namun, konsensus diperlukan, dan mungkin sulit diperoleh.

Sinn Fein mengamankan kursi terbanyak dalam pemilihan majelis Irlandia Utara selama akhir pekan, muncul dengan 27 kursi dibandingkan dengan Partai Persatuan Demokratik (DUP) 25.

Partai Aliansi Non-sektarian memenangkan 17 kursi, sementara Partai Serikat Ulster mendapat 9 kursi, Partai Sosialis juga 9 kursi.

Partai Demokrat dan Buruh (SDLP), sebuah partai nasionalis yang lebih kecil, masing-masing memperoleh 8 kursi.

Hasil ini menjadikan penampilan politik terbaik Sinn Fein dalam 100 tahun sejarah Irlandia Utara.

Juga menandai pertama kalinya sebuah partai nasionalis Irlandia menjadi yang terbesar di majelis wilayah tersebut.

“Hari ini merupakan momen perubahan yang sangat signifikan. Ini adalah momen yang menentukan dalam politik kami dan bagi rakyat kami,” kata O'Neill pada Minggu (8/5/2022).

Pemimpin nasionalis itu menambahkan sekarang harus ada debat jujur untuk menyatukan Irlandia Utara dengan Republik Irlandia di selatan, prinsip inti dari platform Sinn Fein.

Undang-undang pembagian kekuasaan diberlakukan di Irlandia Utara setelah Perjanjian Jumat Agung 1918.

Langkah Berliku Penyatuan Nasional

Perjanjian itu mengharuskan dua partai terbesar dalam majelis 90 kursi untuk membentuk pemerintahan bersama.

DUP – yang mewakili populasi Protestan di wilayah itu dan sangat menentang penyatuan – kemungkinan besar tidak akan setuju untuk mengadakan jajak pendapat tentang masalah ini.

Selain itu, apa yang disebut jajak pendapat perbatasan hanya dapat dilakukan ketika tampaknya mayoritas penduduk Irlandia Utara ingin bergabung kembali dengan Republik Irlandia di selatan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat