androidvodic.com

Rusia Akhirnya Bebaskan Kapal Asing Tinggalkan Laut Hitam dan Azov - News

News -- Kementerian pertahanan Rusia mengklaim akan membiarkan kapal asing meninggalkan pelabuhan di Laut Hitam dan Laut Azov.

Kantor berita Interfax, koridor keselamatan yang akan dibuka Kamis akan memungkinkan kapal meninggalkan Mariupol melalui pelabuhan Laut Azov serta Kherson dan Odesa di Laut Hitam, kata laporan itu.

Kementerian luar negeri Rusia kemarin mengklaim bahwa lima kapal asing dapat meninggalkan Mariupol.

Klaim tersebut, yang tidak dapat diverifikasi oleh CNBC, muncul di tengah meningkatnya kekhawatiran atas kenaikan harga pangan global.

Baca juga: UPDATE Serangan Rusia ke Ukraina Hari ke-93, Berikut Ini Sejumlah Peristiwa yang Terjadi

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengatakan kepada CNBC di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, pada hari Rabu bahwa mungkin ada "krisis pangan multi-tahun" jika blokade kapal Rusia yang membawa produk ekspor penting, terutama gandum, tidak dicabut.

“Kami menilai bahwa Rusia telah membuat beberapa keuntungan tambahan dalam dorongannya terhadap Sloviansk dan Kramatorsk; tidak banyak tetapi, tetapi beberapa keuntungan tambahan,” katanya, mengacu pada dua kota di bagian utara Oblast Donetsk.

Donbas mengacu pada dua wilayah Ukraina timur Luhansk dan Donetsk — dua “Republik Rakyat” yang didukung Rusia.

Baca juga: Rusia Salahkan Pihak Barat Sebagai Penyebab Krisis Pangan Global

Para pejabat Rusia mengatakan tujuan utama baru mereka adalah "pembebasan penuh" dari Luhansk dan Donetsk.

Rusia berusaha mengepung wilayah Donbas dengan mencubit wilayah timur jauh Ukraina, kata pejabat pertahanan itu.

Namun, tidak ada kemajuan baru oleh pasukan Rusia di wilayah Donetsk, tambah pejabat itu.

Pemerintahan Biden memperkirakan Rusia akan gagal membayar utang negaranya, kata sekretaris pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre.

Moskow "kemungkinan akan gagal memenuhi kewajibannya dan menghadapi default, tanda abadi status mereka sebagai paria dalam sistem keuangan global," katanya.

Baca juga: Ingin Negaranya Merdeka, Presiden Ukraina Minta Barat Berhenti Main-main dengan Rusia

Jean-Pierre menambahkan bahwa Gedung Putih mengharapkan efek "minimal" pada ekonomi global karena Rusia "sudah terisolasi secara finansial" oleh gelombang sanksi.

Ketika AS memberikan sanksi kepada bank sentral Rusia awal tahun ini, itu mengizinkan pengecualian bagi Rusia untuk membayar pemegang obligasinya melalui bank-bank AS.
Departemen Keuangan mengangkat pemotongan minggu ini, meningkatkan prospek default.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat