androidvodic.com

Banjir Australia Semakin Parah, Ribuan Warga Sidney Mengungsi - News

News - Hujan deras terus mengguyur pantai timur Australia pada Selasa (5/7/2022).

Hujan yang terus turun memperparah bencana banjir di Sydney.

Akibatnya, air di sungai-sungai dengan cepat naik melewati batas bahaya dan ribuan penduduk diperintahkan untuk meninggalkan rumah.

Sekitar 50.000 penduduk di New South Wales, sebagian besar di pinggiran barat Sydney, telah diberitahu untuk mengungsi atau diperingatkan bahwa mereka akan menerima perintah evakuasi.

Angka tersebut naik 20.000 dari jumlah pada Senin (4/7/2022).

"Bencana ini masih jauh dari selesai, tolong jangan berpuas diri," kata Perdana Menteri New South Wales Dominic Perrottet, dilansir CNA.

Baca juga: Australia Larang Impor Emas Rusia dan Siapkan Bantuan Tambahan ke Ukraina

"Di mana pun Anda berada, harap berhati-hati saat berkendara di jalan kami. Masih ada risiko besar untuk banjir bandang."

Sel badai liar terbaru yang membawa hujan lebat dengan beberapa tempat menerima lebih dari rata-rata curah hujan tahunan Australia dalam tiga hari, kemungkinan akan mereda di Sydney mulai Selasa saat palung pantai bergerak ke utara, kata Biro Meteorologi (BoM).

Namun risiko banjir bisa tetap ada sepanjang minggu dengan sebagian besar tangkapan sungai sudah mendekati kapasitas bahkan sebelum banjir terakhir.

Pemandangan umum menunjukkan area banjir dari sungai Hawkesbury yang meluap akibat hujan deras di pinggiran Windsor Sydney pada 4 Juli 2022.
Pemandangan umum menunjukkan area banjir dari sungai Hawkesbury yang meluap akibat hujan deras di pinggiran Windsor Sydney pada 4 Juli 2022. (AFP)

Sekitar 90 mm hujan bisa turun selama enam jam di pantai utara negara bagian itu mulai Selasa, mencapai hingga 125 mm di beberapa tempat, kata BoM.

Angin hingga 90 km/jam juga diperkirakan di beberapa tempat yang dilanda banjir, meningkatkan risiko pohon tumbang dan kabel listrik.

"Kami meminta orang-orang di seluruh Sydney hari ini untuk tetap di rumah kecuali jika Anda benar-benar harus meninggalkan rumah," kata Menteri Manajemen Darurat negara bagian Steph Cooke.

Pemerintah federal pada Senin malam menyatakan banjir sebagai bencana alam, membantu warga yang terkena banjir menerima dukungan dana darurat.

Awak darurat akan melanjutkan operasi penyelamatan mereka pada hari Selasa untuk menderek kapal pengangkut curah yang kehilangan daya di lepas pantai Sydney setelah tali derek putus dalam cuaca buruk, kata para pejabat.

Banjir akibat hujan deras di pinggiran Camden, Sydney pada 3 Juli 2022.
Warga berjalan melalui jalan-jalan yang banjir akibat hujan deras di pinggiran Camden, Sydney pada 3 Juli 2022. Ribuan warga Australia diperintahkan untuk mengungsi dari rumah mereka di Sydney pada 3 Juli saat hujan deras mengguyur kota terbesar di negara itu dan air banjir menggenangi pinggirannya. .

Baca juga: Setelah Jokowi, Giliran PM Australia Temui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kiev

Banjir besar terjadi di Windsor di barat Sydney, yang mengalami banjir ketiga tahun ini, dengan ketinggian air saat ini lebih tinggi daripada yang terlihat pada banjir awal tahun ini, kata biro cuaca.

Rekaman di media sosial menunjukkan jalan dan jembatan terendam, sementara kru darurat menyelamatkan orang-orang yang terdampar dari kendaraan yang sebagian terendam yang terjebak di air yang naik.

Nigel Myron, seorang penduduk Windsor, mengatakan dia telah menyiapkan perahu karet jika dia harus mengungsi meskipun dia ingin kembali ke tempatnya setelah air surut.

"Pada akhirnya, apa yang bisa Anda lakukan? Begitulah adanya dan kami membersihkan diri dari abu dan membangun kembali setelah banjir datang dan pergi," kata Myron kepada televisi ABC.

(News/Yurika)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat