androidvodic.com

Kondisi Presiden Joe Biden Dilaporkan Membaik Setelah Dinyatakan Positif Covid-19 - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

News, WASHINGTON - Kondisi Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dilaporkan terus membaik setelah dinyatakan positif Covid-19 pada Kamis (21/7/2022) lalu.

Dokter Gedung Putih yang menangani Joe Biden, Dr. Kevin O'Connor mengatakan Biden masih mengalami sakit tenggorokan yang tidak terlalu mengganggu, pilek, batuk dan nyeri tubuh. O'Connor juga mengungkapkan paru-paru Biden tetap bersih dan saturasi oksigennya sangat baik.

Biden yang saat ini berusia 79 tahun, dinyatakan positif Covid-19 pada Kamis lalu dengan gejala ringan. Diagnosisnya muncul saat subvarian virus corona BA.5 yang sangat menular mendorong gelombang kasus baru di AS.

O'Connor menambahkan, Biden kemungkinan besar terinfeksi subvarian BA.5 dan pengobatan dengan antivirus Paxlovid akan dilanjutkan.

"Presiden terus menoleransi pengobatan dengan baik. Kami akan melanjutkan PAXLOVID sesuai rencana," ujar O'Connor, yang dikutip dari Reuters.

Paxlovid adalah antivirus yang diproduksi perusahaan farmasi Pfizer Inc, yang direkomendasikan untuk pasien bergejala ringan atau sedang, agar tidak berkembang menjadi Covid-19 yang parah.

Baca juga: Mengenal Paxlovid, Obat Antivirus Covid-19 Bikinan Pfizer yang Digunakan Presiden AS Joe Biden

Menurut keterangan O'Connor, Biden tidak mengalami sesak nafas dan pihaknya akan terus memantau kondisi Biden dengan cermat.

"Varian BA5 sangat menular dan dia akan terus mengisolasi. Kami akan terus memantaunya dengan cermat, selama rejimen pengobatan rawat jalan yang sangat umum ini," tambahnya.

Pada Kamis lalu, Presiden AS ini merilis sebuah video yang meyakinkan dirinya baik-baik saja, dan pada Jumat (22/7/2022) kemarin Biden berpartisipasi dalam pertemuan virtual dengan staf Gedung Putih.

Baca juga: Kondisi Joe Biden Usai Dinyatakan Positif Covid-19, Jalani Isolasi di Gedung Putih

Biden juga tidak memiliki jadwal kepresidenan selama akhir pekan. Sementara ibu negara AS, Jill Biden, berada di rumah mereka di Wilmington, Delaware, setelah dinyatakan negatif Covid-19 pada Sabtu (23/7/2022).

Gedung Putih belum mengungkapkan lokasi kemungkinan Biden terpapar virus. Joe Biden baru melakukan perjalanan ke Timur Tengah dan mengadakan acara publik sebelum perjalanan tersebut, di mana ia memiliki interaksi pribadi dengan banyak orang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat