androidvodic.com

Hari Gajah Sedunia 2022, Simak 8 Fakta Gajah yang Unik dan Jarang Diketahui - News

News - Inilah fakta gajah, mamalia darat terbesar yang memiliki gading dan belalai.

Hari Gajah Sedunia diperingati pada 12 Agustus 2022, yang bertujuan memberi perhatian pada keadaan darurat gajah Asia dan Afrika yang terancam punah, dikutip dari World Elephant Day.

Gajah merupakan hewan yang suka berkelompok.

Faktanya, gajah senang berjalan-jalan bersama kawanannya ke tempat berdebu.

Gajah memiliki kulit sensitif yang bisa terbakar sinar matahari, sehingga mereka menggunakan debu dan lumpur sebagai tabir surya.

Fakta gajah lainnya adalah hewan ini memiliki otak paling besar di antara mamalia darat lainnya, dikutip dari The Hugger dan National Geographic Kids.

Baca juga: Sejarah Hari Gajah Sedunia yang Diperingati Setiap 12 Agustus

Fakta-fakta gajah

1. Gajah Tidak Pernah Lupa

Gajah memiliki memori otak paling besar di antara mamalia darat lainnya.

Mereka memiliki kemampuan untuk mengingat lubang berair yang jauh, gajah lain, dan manusia yang pernah mereka temui.

Bahkan gajah tetap mengingat hal-hal detail setelah bertahun-tahun berlalu.

Gajah mentransmisikan kekayaan pengetahuan mereka dari generasi ke generasi dan berbagi informasi ini bermanfaat bagi kelangsungan hidup makhluk tersebut.

Mereka juga dapat mengingat kembali jalan menuju sumber makanan dan air yang melintasi jarak yang sangat jauh, dan bagaimana mencapai daerah alternatif jika diperlukan.

Seekor anak Gajah Sumatra (Elephas maximus sumatranus) yang baru berumur 2 hari bersama induknya di Balai Konservasi Taman Wisata Lembah Hijau, Bandar Lampung, Lampung, Senin (8/8/2022). Taman satwa Lembah Hijau memiliki Gajah Sumatra dari tahun 2016 dan untuk pertama kalinya berhasil mengembangbiakkan Gajah Sumatra dengan kelahiran anak gajah jantan yang yang belum diberikan nama tersebut pada 7 Agustus 2022, sehingga saat ini jumlah satwa endemik Indonesia yang dilindungi itu bertambah menjadi 5 ekor, yakni 3 jantan dan 2 betina. TRIBUN LAMPUNG/DENI SAPUTRA
Seekor anak Gajah Sumatra (Elephas maximus sumatranus) yang baru berumur 2 hari bersama induknya di Balai Konservasi Taman Wisata Lembah Hijau, Bandar Lampung, Lampung, Senin (8/8/2022). Taman satwa Lembah Hijau memiliki Gajah Sumatra dari tahun 2016 dan untuk pertama kalinya berhasil mengembangbiakkan Gajah Sumatra dengan kelahiran anak gajah jantan yang yang belum diberikan nama tersebut pada 7 Agustus 2022, sehingga saat ini jumlah satwa endemik Indonesia yang dilindungi itu bertambah menjadi 5 ekor, yakni 3 jantan dan 2 betina. TRIBUN LAMPUNG/DENI SAPUTRA (TRIBUN LAMPUNG/DENI SAPUTRA)

Baca juga: Kumpulan Link Twibbon Hari Gajah Sedunia 2022 Beserta Cara Membuat dan Bagikan di Media Sosial

2. Gajah Dapat Membedakan Bahasa

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat