androidvodic.com

FBI: Beberapa Dokumen Donald Trump dari Resor Mewahnya Mar-a-Lago Berpotensi Dicap - News

News - Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) mengatakan telah mengidentifikasi sejumlah dokumen terbatas yang disita dari resor mewah Mar-a-Lago milik mantan Presiden Donald Trump.

Dikatakan, kemungkinan beberapa dokumen "mungkin berisi informasi istimewa pengacara-klien".

Departemen mengatakan dalam pengajuan pengadilan pada Senin (29/8/2022) bahwa mereka telah "menyelesaikan peninjauan materi-materi itu" setelah seorang hakim menyatakan "niat awal" untuk mengabulkan permintaan Trump untuk seorang master khusus yang akan mengawasi peninjauan dokumen yang diambil selama penggeledahan 8 Agustus 2022 kemarin.

Dikutip Al Jazeera, pengajuan  oleh Departemen Kehakiman menunjukkan bahwa dengan materi yang sudah ditinjau, mungkin sudah terlambat untuk menunjuk master khusus.

Tim hukum Trump telah menggugat Departemen Kehakiman pekan lalu untuk memblokir "peninjauan lebih lanjut atas materi yang disita oleh Pemerintah sampai master khusus ditunjuk".

Gugatan itu juga mencari tanda terima properti "lebih rinci" dari penggeledahan .

Baca juga: Departemen Kehakiman AS Rilis Surat Pernyataan Penggeledahan Resor Trump

Departemen Kehakiman juga mengkonfirmasi pada hari Senin bahwa kantor kepala intelijen AS sedang meninjau klasifikasi dokumen yang disita dalam pencarian.

“Departemen Kehakiman dan Kantor Direktur Intelijen Nasional (“ODNI”) saat ini sedang memfasilitasi peninjauan klasifikasi bahan yang ditemukan berdasarkan penggeledahan, demikian bunyi dokumen pengadilan.

“Seperti yang disarankan oleh Direktur Intelijen Nasional kepada Kongres, ODNI juga memimpin penilaian komunitas intelijen tentang potensi risiko terhadap keamanan nasional yang akan dihasilkan dari pengungkapan materi-materi ini.”

Penyelidikan kriminal terhadap Trump

Departemen sedang melakukan penyelidikan kriminal terhadap kemungkinan kesalahan penanganan informasi rahasia oleh Trump setelah meninggalkan kantor.

Sebuah pernyataan tertulis yang dirilis pekan lalu mengungkapkan bahwa pihak berwenang Amerika Serikat berusaha menggeledah rumah mantan presiden untuk mengambil dokumen rahasia pemerintah, termasuk materi yang mungkin berisi "Informasi Pertahanan Nasional".

Catatan pengadilan menunjukkan awal bulan ini bahwa FBI menyita beberapa dokumen rahasia dari rumah Trump, tetapi mereka tidak memberikan rincian tentang informasi yang mungkin dikandungnya.

Baca juga: Trump Disebut Akui Simpan Dokumen Resmi di Resor Mewah Mar-a-Lago Florida secara Ilegal

"Sangat rahasia" adalah klasifikasi tertinggi dari dokumen pemerintah AS.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat