androidvodic.com

Partai Demokrat Tanggapi Wacana Ganti Capres usai Joe Biden Dinilai Babak Belur di Debat Perdana - News

News - Penampilan Joe Biden di debat pertama Calon Presiden Amerika Serikat (AS) pada hari Kamis (27/6/2024) malam waktu setempat menuai perhatian publik.

Penampilan Biden yang kini berumur 81 tahun menjadi sorotan karena sosoknya banyak terbata-bata dalam menyampaikan pesannya sepanjang debat.

Akibat penampilannya yang dinilai terlalu lemah dan tak meyakinkan lagi di usianya yang kian senja, sentimen bahwa Biden sudah terlalu tua untuk memimpin AS pun kian menguat.

Dikutip Tribunnews dari sebuah jajak pendapat CBS setelah debat, publik AS sepertinya mulai kehilangan kepercayaan setelah melihat penampilan Biden yang memprihatinkan dalam debat tersebut.

Data terbaru dari CBS menunjukkan peningkatan 10 poin dalam jejak pendakat terkait simpatisan Partai Demokrat yang percaya bahwa Biden seharusnya tidak maju sebagai presiden.

Apabila pada Februari data menunjukkan 36 persen , sehari pasca debat dilakukan simpatisan Partai Demokrat yang tak yakin akan kompetensi Joe Biden ini pun naik menjadi 46 persen.

Penampilan buruk Joe Biden dalam debat pertama melawan Donald Trump juga menjadi sorotan bagi jurnalis lokal Atlanta yang menjadi kota penyelenggaraan acara tersebut.

Bahkan mereka menilai sudah saatnya Partai Demokrat mengganti capresnya dalam perlombaan suara dalam pemilu kali ini

"Sayangnya , debat ini menunjukkan kenyataan bahwa Biden seharusnya mundur dari perlombaan Pilpres kali ini demi kebaikan bangsa yang telah dilayaninya dengan begitu luar biasa selama setengah abad," tulis editorial Atlanta Journal-Constitution pada hari Minggu.

"Waktu pensiun kini menjadi suatu keharusan bagi Presiden Biden." tulis media tersebut menarik kesimpulan dari penampilan capres Partai Demokrat tersebut di debat perdana.

Menanggapi banyaknya tekanan tersebut, para pemimpin Demokrat utama pada hari Minggu (30/6/2024) pun buka suara terkait kemungkinan menggantikan Presiden AS Joe Biden sebagai kandidat capres partainya di pemilu kali ini.

Pihak partai bersikukuh menolak wacana tersebut walaupun penampilan Joe Biden di debat pertama dinilai terlalu lemah.

Baca juga: 8 Fakta Debat Perdana Capres AS Trump Vs Biden, Adu Gagasan hingga Saling Sindir Kesalahan

"Tidak sama sekali," jawab Senator Demokrat Georgia Raphael Warnock, salah satu dari beberapa kader Partai Demokrat yang diunggulkan sebagai calon pengganti Biden bila ia mundur dari Pilpres.

"Seperti orang pada umumnya, Debat buruk bisa terjadi kepada siapa saja," kata Warnock dalam program Meet the Press di NBC.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat