androidvodic.com

Korban Selamat Tragedi Itaewon Desak Pemerintah Korsel Akui Kesalahan, Bukan Cuma Minta Maaf - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, SEOUL - Warga Negara Australia, Nathan Taverniti kehilangan dua temannya karena tragedi lonjakan kerumunan massa mematikan saat malam Halloween diadakan di distrik Itaewon Seoul, Korea Selatan (Korsel) pada 29 Oktober lalu.

Pemuda berusia 24 tahun itu sengaja datang ke Seoul bersama teman-temannya untuk merayakan Halloween setelah mendengar tentang betapa populernya momen tersebut di distrik Itaewon melalui TikTok dan serial televisi populer Korea 'Itaewon Class'.

Dikutip dari laman www.koreaherald.com, Kamis (10/11/2022), apa yang dimulai sebagai malam yang menyenangkan saat itu, berubah mengerikan tanpa diduga.

Ia terperangkap dalam kerumunan, terkena gelombang tekanan yang membuat para pengunjung pesta Halloween itu jatuh saling tumpuk satu sama lain dan memblokir seluruh gang di kawasan Itaewon.

"Pada saat itu, kami semua sedikit terpisah. Jelas anda akan berpikir kita akan bertemu satu sama lain dalam satu menit atau lebih, namun itu jelas tidak pernah terjadi. Tidak mungkin ada orang yang pergi ke acara populer yang dikenal tidak hanya di Korea namun juga di seluruh dunia dan berpikir, 'Saya mungkin akan mati malam ini'," kata Traverniti.

Taverniti telah blak-blakan tentang peran pemerintah Korsel di balik tragedi yang merenggut 156 nyawa itu.

Ia menyerukan pertanggungjawaban pemerintah negara itu melalui TikTok dan penampilannya di media.

Baca juga: Lee Ji Han Meninggal dalam Tragedi Itaewon, Perannya di Season of Kkok Du Digantikan Lee Jung Joon

"Kematian mereka seharusnya tidak pernah terjadi, tidak banyak orang yang berbicara tentang situasi ini dan melihat semuanya terungkap. Satu-satunya alasan mengapa saya melakukan wawancara adalah agar pemerintah tidak menutup-nutupi masalah ini dan melanjutkan hidup mereka begitu saja tanpa beban," tegas Traverniti.

Menyusul insiden itu, transkrip panggilan darurat yang dilakukan ke polisi pun dirilis, beberapa diantaranya terjadi beberapa jam sebelum kerumunan massa menewaskan 156 orang, termasuk Warga Negara Asing (WNA).

Presiden Korsel Yoon Suk-yeol mengatakan bahwa ia 'meminta maaf kepada negara dan mengaku menyesal'.

Begitu pula Menteri Dalam Negeri dan Keamanan Lee Sang-min yang juga telah meminta maaf atas pernyataannya yang meremehkan peran polisi.

Sementara itu, Kepala Badan Kepolisian Nasional (NPA) Komisaris Jenderal Polisi Yoon Hee-keun juga mengatakan bahwa dirinya merasa 'bertanggung jawab' terhadap tragedi ini.

Kendati demikian, belum ada pejabat senior di pemerintahan yang mengajukan pengunduran diri terkait apa yang terjadi di Itaewon.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat