androidvodic.com

Hari Ini Joe Biden Bertemu Xi Jinping di Bali, Bahas Taiwan, Perang Ukraina dan Ambisi Nuklir Korut - News

News, JAKARTA - Hari ini Presiden Amerika Serikat Joe Biden untuk pertama kalinya setelah menjabat, akan bertemu langsung dengan Presiden China Xi Jinping di Bali, Senin (14/11/2022). menjelang penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Nusa Dua, Bali.

Pertemuan ini akan membahas banyak hal antara lain kekhawatiran AS atas Taiwan, perang Rusia di Ukraina dan ambisi nuklir Korea Utara.

Mengutip Reuters, pertemuan langsung yang telah lama ditunggu-tunggu itu terjadi ketika hubungan antara kedua negara merosot ke titik terendah dalam beberapa dekade. Keduanya akan bertemu di Pulau Bali, Indonesia menjelang KTT G20.

Joe Biden menghadiri pertemuan di belakang kemenangan besar domestik dengan Demokrat merebut kendali Senat, sebuah perkembangan yang diakui oleh para pemimpin global.

Sementara Xi Jinping mengamankan masa jabatan ketiga yang belum pernah terjadi sebelumnya bulan lalu.

"Saya tahu saya datang lebih kuat tetapi saya tidak membutuhkan itu. Saya tahu Xi Jinping, saya menghabiskan lebih banyak waktu bersamanya daripada pemimpin dunia lainnya." kata Biden kepada wartawan di Kamboja pada hari Minggu setelah hasil Senat.

"Tidak pernah salah perhitungan tentang ... di mana kita masing-masing berdiri."

Baca juga: Tiba di Bali Disambut Sandiaga Uno, Presiden Amerika Serikat Joe Biden Ucap Tiga Kata Ini

Joe Biden yang sedang dalam rangkaian lawatannya ke berbagai negara, seperti menghadiri KTT iklim internasional di Mesir dan pertemuan ASEAN dan KTT Asia Timur di Kamboja menjelang G20, berharap untuk membangun landasan hubungan dengan China dan memastikan di sana adalah aturan yang mengikat persaingan antara kedua negara.

Biden baru-baru ini mengatakan dia tidak mau membuat konsesi mendasar ketika dia bertemu Xi, dan bahwa dia ingin kedua pemimpin itu meletakkan "garis merah" mereka dan menyelesaikan area konflik.

Baca juga: Presiden Jokowi Gembira Presiden Joe Biden dan Presiden Xi Jinping Hadiri KTT G20 di Bali

Gedung Putih menyatakan, pertemuan tersebut tidak mungkin menghasilkan hasil yang nyata dan tidak ada pernyataan bersama yang diharapkan, tetapi itu dapat membantu menstabilkan hubungan yang ditandai dengan meningkatnya ketegangan atas masalah-masalah mulai dari Hong Kong dan Taiwan hingga Laut China Selatan, praktik perdagangan koersif, dan pembatasan AS pada teknologi Cina.

Biden dan Xi Jinping telah melakukan lima panggilan telepon atau video sejak Biden menjabat pada Januari 2021.  Mereka terakhir bertemu langsung selama pemerintahan Obama.

Baca juga: Presiden AS Joe Biden Tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Disambut Tarian Bali

Ketegangan berkobar terutama setelah perjalanan Ketua DPR AS Nancy Pelosi pada bulan Agustus ke Taiwan, pulau demokrasi dengan pemerintahan sendiri yang diklaim Beijing sebagai wilayahnya.

Penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan mengatakan pertemuan itu dapat berlangsung selama dua jam atau lebih, dan Biden akan sangat lugas dalam pembicaraan tersebut. 

"Presiden melihat Amerika Serikat dan China terlibat dalam persaingan yang ketat, tetapi persaingan itu tidak boleh berujung pada konflik atau konfrontasi," kata Sullivan kepada wartawan, menjanjikan komentar Biden sesudahnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat