androidvodic.com

Inflasi Melonjak, Restoran Cepat Saji di Jepang Naikkan Harga Makanan Hingga 80 Persen - News

Laporan Wartawan News, Mikael Dafit Adi Prasetyo

News, TOKYO – Restoran siap saji di Jepang, yakni McDonald's pada Jumat (6/1/2023) mengumumkan kenaikan harga setiap menu untuk ketiga kalinya dalam waktu kurang dari setahun.

“Kami akan menaikkan harga untuk setiap menu sebesar 80 persen dan mulai berlaku 16 Januari,” kata operator restoran cepat saji itu, mengutip fluktuasi mata uang serta melonjaknya biaya bahan, tenaga kerja, transportasi, dan energi.

Baca juga: IMF Sarankan The Fed Terus Kerek Suku Bunga Sampai Inflasi AS Mereda

Sebelumnya, McDonald's Jepang juga telah menaikkan harga setiap menunya pada Maret dan September tahun lalu akibat tingginya inflasi dan penurunan mata uang yen yang membuat bahan-bahan impor lebih mahal.

Dikutip dari Reuters, harga satu burger keju akan naik menjadi 200 yen dari yang sebelumnya 140 yen tahun lalu. Sementara harga hamburger khas Big Mac akan naik menjadi 450 yen dari sebelumnya 410 yen.

“Konsumen Jepang akan melihat kenaikan harga pada lebih dari 4.000 item makanan mulai bulan depan menyusul tingginya inflasi sejak Oktober lalu,” kata seorang peneliti di Teikoku Databank.

Secara terpisah, operator restoran Jepang Hot Palette Co dan Royal Holdings Co mengatakan bahwa mereka juga akan menaikkan harga untuk masing-masing menu yang terbuat dari daging sapi mulai bulan ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat