androidvodic.com

Menlu Mesir Hari Ini Kunjungi Suriah, Pertama Kali Sejak Konflik Meletus di 2011 - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

News, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry akan melakukan perjalanan ke Damaskus, Suriah, hari ini, Senin (27/2/2023).

Reuters dalam laporannya menyatakan ini merupakan kunjungan pertama oleh menteri luar negeri Mesir sejak konflik Suriah meletus pada 2011, menurut sebuah pernyataan oleh kementerian luar negeri Mesir.

Sameh Shoukry akan mengunjungi Turki dan Suriah - keduanya dilanda gempa mematikan pada 6 Februari - untuk "menyampaikan pesan solidaritas dari Mesir dengan kedua negara" menurut pernyataan kementerian luar negeri.

Kementerian Luar Negeri Turki mengkonfirmasi kunjungan tersebut, mengatakan Shoukry akan mengadakan pembicaraan dengan Menlu Turki Mevlut Cavusoglu dan mengunjungi provinsi selatan Adana dan Pelabuhan Mersin, tempat kapal bantuan Mesir akan tiba.

Suriah telah diisolasi oleh negara-negara regional atas penumpasan protes mematikan Presiden Bashar al-Assad terhadapnya, dengan Liga Arab menangguhkan keanggotaan Suriah pada tahun 2011 dan banyak negara Arab menarik utusan mereka keluar dari Damaskus.

Tetapi Assad mendapat manfaat dari curahan dukungan dari negara-negara Arab setelah gempa, yang menewaskan lebih dari 5.900 orang di seluruh negaranya, menurut penghitungan PBB dan angka pemerintah Suriah.

Presiden Mesir Abdul Fattah al-Sisi berbicara dengan Assad melalui telepon untuk pertama kalinya pada 7 Februari dan pada hari Minggu, delegasi anggota parlemen dari seluruh wilayah - termasuk ketua parlemen Mesir - bertemu Assad di Damaskus.

Hubungan diplomatik antara Mesir dan Turki juga terputus setelah Sisi, yang saat itu menjadi panglima militer, memimpin penggulingan Mohamed Mursi dari Ikhwanul Muslimin tahun 2013, sekutu dekat pemimpin Turki Tayyip Erdogan.

Baca juga: Benda-benda Bersejarah Milik Messi Ditemukan di Mesir, Berusia Sekitar 4000 Tahun, Begini Ceritanya

Hubungan mulai mencair pada 2021, bagian dari dorongan Turki untuk meredakan ketegangan dengan beberapa kekuatan regional.

Erdogan dan Sisi bertemu dan berjabat tangan selama Piala Dunia 2022 di Qatar dan perusahaan Turki awal bulan ini berkomitmen untuk investasi baru senilai $500 juta di Mesir.

Baca juga: Arkeolog Mesir Temukan 3 Mumi dan Puluhan Artefak di Saqqara, Dekat Piramida Giza

Sameh Shoukry bertemu rekannya dari Suriah Faisal Mekdad pada tahun 2021 di sela-sela Majelis Umum PBB dan Kairo telah mengirim beberapa pengiriman bantuan gempa ke Suriah dalam beberapa pekan terakhir.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat