androidvodic.com

Menlu Retno Marsudi Dijadwalkan Kunjungi Jepang, Ini yang Akan Dibahas - News

Laporan Wartawan News, Larasati Dyah Utami

News, JAKARTA -  Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno L.P. Marsudi, direncanakan berkunjung ke Tokyo, Jepang, dalam rangka melaksanakan 8th Indonesia-Japan Ministerial Level Strategic Dialogue pada 6 Maret 2023.

Strategic Dialogue tahun ini bertepatan dengan peringatan 65 tahun hubungan diplomatik RI-Jepang serta 50 tahun kemitraan ASEAN-Jepang.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyatakan Menlu RI akan bertemu dengan Menlu Jepang Hayashi Yoshimasa.

Baca juga: Pertemuan Menlu G20 di India Bahas 3 Topik Global Hingga Perang di Ukraina

Hal yang akan dibahas kedua Menlu tentang penguatan kerja sama bilateral, termasuk di bidang perdagangan dan investasi, infrastruktur, transisi energi, ketenagakerjaan, serta kelautan dan perikanan.

"Kedua Menlu juga akan mengangkat mengenai isu-isu regional dan global, termasuk kemitraan ASEAN-Jepang dan implementasi konkret dari ASEAN Outlook on the Indo-Pacific," ungkap Kemlu RI, Kamis (2/3/2023).

Selama berada di Jepang, Menlu RI juga dijadwalkan bertemu dan melakukan diskusi dengan beberapa tokoh setempat mengenai Keketuaan Indonesia di ASEAN dan peningkatan kerja sama di kawasan Indo-Pasifik.

Pada tahun 2022, Jepang merupakan mitra dagang ke-3 terbesar dan sumber investasi ke-4 terbesar di Indonesia.

Total nilai perdagangan bilateral, yang mencapai USD 42 milyar, menunjukkan peningkatan sebesar 29 persen dari tahun sebelumnya.

Sementara itu, investasi Jepang di Indonesia tahun lalu mencapai USD 3,56 milyar.

Sebelumnya, Strategic Dialogue ke-7 telah diselenggarakan di Jakarta pada 10 Januari 2020 bersama dengan Menlu Jepang sebelumnya, Motegi Toshimitsu. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat