androidvodic.com

Jumlah Imigran Melonjak, Italia Berlakukan Keadaan Darurat Imigrasi selama 6 Bulan - News

News - Pemerintah Italia memberlakukan keadaan darurat selama enam bulan untuk mengatasi lonjakan imigran di negaranya.

Italia akan mengalokasikan dana lima juta Euro untuk membangun fasilitas penampungan baru bagi para imigran.

Menteri perlindungan sipil dan kebijakan kelautan, Nello Musumeci, mengutip pusat penerimaan imigran yang kini penuh sesak, saat mengumumkan hal ini pada Selasa (11/4/2023), dikutip dari Al Jazeera.

Ia mengungkapkan, keadaan darurat telah diumumkan atas perintah Menteri Dalam Negeri, Matteo Piantedosi.

Terakhir kali pemerintah Italia menyatakan keadaan darurat terkait migrasi adalah pada tahun 2011, di bawah Perdana Menteri Silvio Berlusconi.

Baca juga: 4 Orang Tewas dan 23 Hilang setelah Kapal Imigran Tunisia Tenggelam di Laut Mediterania

Kini, pemerintah Italia berharap fasilitas baru ini dapat mengatasi masalah imigran yang membludak.

"Kami akan mendirikan fasilitas baru yang cocok untuk kebutuhan penerimaan dan pemulangan migran yang tidak memiliki hak untuk tinggal di daerah tersebut," kata Nello Musumeci, Menteri perlindungan sipil dan kebijakan kelautan Italia.

Media Italia melaporkan, pemerintah akan memilih komisaris khusus yang bertugas mengawasi alokasi dana dalam waktu dekat.

Ratusan imigran gelap yang terombang-ambing di sebuah kapal di Laut Mediterania. LSM Italia, MSF, mengerahkan kapal Geo Barents untuk mengevakuasi mereka ke daratan. Pada Rabu (5/4/2023), mereka berhasil membawa beberapa imigran itu menggunakan kapal kecil.
Ratusan imigran gelap yang terombang-ambing di sebuah kapal di Laut Mediterania. LSM Italia, MSF, mengerahkan kapal Geo Barents untuk mengevakuasi mereka ke daratan. Pada Rabu (5/4/2023), mereka berhasil membawa beberapa imigran itu menggunakan kapal kecil. (MSF)

Jumlah Imigran di Italia Meningkat

Pada awal Maret 2023, lebih dari 17.000 migran telah mendarat di Italia.

Hampir tiga kali lipat dari angka yang tercatat pada periode yang sama pada tahun 2022.

Perdana Menteri Italia, Giorgia Meloni, yang terpilih tahun lalu, berjanji untuk meningkatkan deportasi dan menghentikan kapal LSM membawa migran ke pelabuhan Italia.

Meski pemerintah berhasil mengurangi jumlah kapal semacam itu yang beroperasi di lepas pantai Italia, namun jumlah pendatang baru terus meningkat.

Menurut Kementerian Dalam Negeri Italia, sekitar 31.300 migran dan pengungsi telah tiba di Italia sejauh ini, naik dari sekitar 7.900 pada periode yang sama tahun 2022 lalu.

Kantor berita Italia, ANSA, melaporkan selama liburan akhir pekan Paskah 7-9 April 2023, sekitar 2.000 orang tiba dengan perahu di pulau Lampedusa Italia di lepas pantai Afrika Utara, dikutip dari NHK.

Tim penyelamat sedang melakukan operasi penyelamatan kapal migran yang tenggelam di Steccato di Cutro, di daerah Crotone, Italia pada Minggu (26/2/2023). Migran itu berasal dari Afghanistan, Iran, Pakistan, Somalia dan beberapa negara lain. Saat ini, tercatat 59 orang meninggal dunia dalam insiden itu.
Tim penyelamat sedang melakukan operasi penyelamatan kapal migran yang tenggelam di Steccato di Cutro, di daerah Crotone, Italia pada Minggu (26/2/2023). Migran itu berasal dari Afghanistan, Iran, Pakistan, Somalia dan beberapa negara lain. Saat ini, tercatat 59 orang meninggal dunia dalam insiden itu. (Departemen Pemadam Kebakaran Nasional Italia/Vigili del Fuoco)

Baca juga: 440 Imigran Terjebak di Tengah Laut Mediterania, LSM Italia Lakukan Evakuasi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat