androidvodic.com

Inggris Sebut Depleted Uranium Telah Sampai Ukraina, Rusia Kebakaran Jenggot - News

News -- Pemerintah Inggris tak peduli dengan perigatan Rusia untuk membatalkan pengiriman amunisi depleted uranium (DU) ke Ukraina.

Senjata yang dianggap bisa menimbulkan radiasi tersebut telah dikirimkan ke negeri yang sedang berkonflik dengan Rusia itu.

Menteri Angkatan Bersenjata James Heappey menyebutkan pihakya telah memulai pengiriman amunisi depleted uranium ke Ukraina.

Heappey menyebutkan, senjata tersebut telah sampai di Ukraina, namun ia menyebutkan bahwa militer Inggris tidak akan berusaha melacak di mana senjata itu digunakan.

Baca juga: Tentara Ukraina Terima Pelatihan Depleted Uranium dari Inggris

Hal ini membuat Rusia kebakaran jenggot dengan sikap Inggris yang dianggap semakin memperburuk konflik Rusia-Ukraina.

Kedutaan Besar Moskow di Inggris menyebutkan, langkah itu menandai "eskalasi habis-habisan" .
Amunisi DU Inggris telah tiba di medan perang, untuk ditembakkan dari tank Challenger 2 yang juga dipasok ke Ukraina.

"Komentar James Heappey adalah bukti suram atas kekejaman kebijakan Anglo-Saxon dari eskalasi habis-habisan 'konflik proksi' yang mereka sendiri keluarkan di Ukraina," katanya.

“Dia dengan sinis menyatakan bahwa London tidak memantau penyebaran senjata-senjata ini dan tidak memiliki kewajiban untuk menghilangkan konsekuensi penggunaannya setelah konflik berakhir.”

Sekarang telah terbukti dengan sendirinya bahwa Barat bermaksud agar negara ini tidak hanya menjadi 'tempat tembak' militer anti-Rusia, tetapi juga tempat pembuangan sampah radioaktif - dengan semua konsekuensi serius berikutnya bagi kesehatan penduduk lokal dan lingkungan di wilayah.

Kedutaan melanjutkan dengan mengatakan bahwa pemerintah Inggris akan bertanggung jawab atas efek dari "amunisi beracun" dan tidak dapat menghindari pertanggungjawaban dengan menyerahkannya kepada pasukan Ukraina.

Dalam sebuah wawancara dengan Russia Today minggu lalu, utusan Rusia untuk Inggris, Duta Besar Andrey Kelin, memperingatkan bahwa amunisi DU akan menjadi hal yang mengerikan bagi pertanian dan rakyat Ukraina, dengan mengatakan residu radioaktif dapat mencemari air dan tanah negara tersebut “ setidaknya selama enam generasi.”

Baik pejabat Inggris dan AS telah memperdebatkan dugaan bahaya kesehatan yang terkait dengan cangkang DU – yang menggunakan inti uranium padat untuk meningkatkan kemampuan penembus lapis baja mereka – dan menyangkal tuduhan bahwa senjata tersebut terkait dengan lonjakan kanker dan cacat lahir di Irak.

Baca juga: Rakyat AS Was-was akan Alami Pemadaman Listrik Bergilir setelah Vladimir Putin Stop Ekspor Uranium

Heappey mengklaim bahwa depleted uranium hanya membawa risiko kesehatan dan lingkungan yang "rendah", merujuk pada studi pemerintah tahun 2007.

Dia menambahkan bahwa Kementerian Pertahanan tidak akan melakukan upaya untuk melacak di mana pasukan Ukraina menggunakan putaran DU yang dipasok Inggris, dan “tidak berkewajiban” untuk membantu upaya pembersihan setelah konflik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat