androidvodic.com

Update Perang Saudara di Sudan Hari ke-27: Hewan di Kebun Binatang Khartoum Dikhawatirkan Mati - News

News - Lusinan hewan kebun binatang di Khartoum dikhawatirkan mati, ketika konflik berdarah tidak kunjung reda.

Kepala ahli zoologi di kebun binatang, Sara Abdalla mengatakan ada sedikitnya 100 hewan, semuanya disimpan di dalam kandang sudah tiga minggu tanpa makanan atau air.

Kebun binatang di Ibu Kota Sudan ini terdaftar sebagai bagian dari Museum Sejarah Alam Sudan.

Sampai hari ini, Kamis (11/5/2023), pertempuran antara Angkatan Bersenjata Sudan (SAF) dan Pasukan Dukungan Cepat (RSF) paramiliter sudah memasuki hari ke-27.

Selengkapnya, simak rangkuman update perang saudara di Sudan berikut ini yang dikutip dari Al Jazeera:

Baca juga: Update Perang Saudara di Sudan Hari ke-26: Rumah, Toko, hingga Gudang jadi Sasaran Penjarahan

1. Update pertempuran di Sudan

- Penduduk melaporkan pertempuran darat di beberapa lingkungan dekat Khartoum antara SAF dan RSF.

Warga juga mendengar tembakan senjata berat di utara Omdurman dan timur Khartoum Utara.

- SAF telah menggempur sasaran di ketiga kota itu sejak Selasa (9/5/2023) saat mencoba membasmi pasukan RSF yang telah menguasai daerah pemukiman besar dan tempat-tempat strategis sejak awal konflik yang meletus pada 15 April.

- RSF pada hari Selasa mengatakan istana kepresidenan bersejarah di pusat Khartoum, yang memiliki kepentingan simbolis dan berada di area strategis yang menurut RSF dikontrolnya, telah dihancurkan oleh serangan udara.

Ini adalah sebuah klaim yang dibantah oleh tentara.

Baca juga: Jenderal Militer Sudan: Tak Ada Manfaat Berdialog dengan RSF Tanpa Gencatan Senjata

Asap mengepul di Khartoum selatan di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara pasukan dua jenderal yang bersaing di Sudan, pada 10 Mei 2023. Ledakan keras mengguncang Khartoum yang lebih besar, karena pertempuran antara jenderal yang bertikai di Sudan tidak menunjukkan penghentian meskipun ada pembicaraan di Arab Saudi.
Asap mengepul di Khartoum selatan di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara pasukan dua jenderal yang bersaing di Sudan, pada 10 Mei 2023. Ledakan keras mengguncang Khartoum yang lebih besar, karena pertempuran antara jenderal yang bertikai di Sudan tidak menunjukkan penghentian meskipun ada pembicaraan di Arab Saudi. (AFP)

- Rekaman drone yang difilmkan pada Rabu (10/5/2023) dan diverifikasi oleh Reuters tampaknya menunjukkan bangunan, yang dikenal sebagai Istana Republik Lama, utuh.

Namun memang ada asap terlihat berasal dari ujung tenggara kompleks.

- Di el-Obeid, ibu kota negara bagian Kordofan Utara, sekitar 350 kilometer (190 mil) barat daya Khartoum, penduduk melaporkan pertempuran dan ledakan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat