androidvodic.com

Akuisisi Sebagian Obligasi Luar Negeri Indonesia Bermata Uang Yen Ditawarkan ke Publik - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Jepang

News, TOKYO - Gubernur Japan Bank for International Cooperation (JBIC), Nobumitsu Hayashi baru-baru ini (26/5/2023)  mengumumkan bahwa Pemerintah Republik Indonesia akan melakukan penawaran umum obligasi samurai (blue bond) bernilai yen yang diterbitkan di Jepang bernilai 20,7 miliar yen.

JBIC memberikan jaminan untuk obligasi Samurai yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia pada bulan Juli 2009, November 2010, November 2012 dan Agustus 2015.

"Dan pada bulan Juni 2016  kami juga mengakuisisi sebagian dari obligasi Samurai yang diterbitkan oleh pemerintah. Pihak JBIC akan mengakuisisi sebagian obligasi blue bond pertama yang diterbitkan pemerintah Indonesia. Pemerintah Indonesia merupakan emiten asing pertama yang menerbitkan Blue Bond di pasar Samurai bond," ungkap sumber News Senin (30/5/2023).

Pemerintah Indonesia sedang menyusun kerangka obligasi SDG pada Agustus 2021. Kerangka tersebut sejalan dengan Prinsip Ikatan Hijau, Prinsip Ikatan Sosial, dan Prinsip Obligasi Berkelanjutan dari International Capital Market Association (ICMA), dan blue bond yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia didasarkan pada kerangka tersebut, tambahnya.
     
Pemerintah Indonesia telah menjadikan kebijakan maritim sebagai bidang yang penting dan bekerja untuk melindungi lingkungan laut.

"Hasil dari blue bond ini akan dialokasikan untuk proyek-proyek yang memenuhi syarat sebagai pengeluaran yang memenuhi syarat di bawah kerangka obligasi SDG pemerintah Indonesia, termasuk proyek-proyek yang terkait dengan perikanan berkelanjutan."

Dukungan terhadap penerbitan blue bond ini akan turut memperkuat hubungan dengan pemerintah Indonesia melalui kontribusi penyelesaian masalah sosial di Indonesia.
     
Dukungan untuk penerbitan blue bond pemerintah Indonesia akan membantu mempertahankan dan meningkatkan keberadaan obligasi yang diterbitkan pemerintah Indonesia yang berfokus pada ESG (Environmental, social, and corporate governance) di pasar Tokyo, sambil memberikan berbagai peluang investasi kepada investor Jepang.
     
"JBIC akan terus memanfaatkan GATE untuk mendukung penerbitan obligasi samurai oleh pemerintah asing dan lembaga pemerintah di pasar Tokyo, serta berkontribusi pada pendalaman dan pengembangan lebih lanjut hubungan ekonomi antara Jepang dan negara-negara terkait."
     
Obligasi samurai adalah obligasi berdenominasi yen yang diterbitkan di pasar domestik Jepang oleh emiten asing, seperti negara dan perusahaan asing. Kali ini, pemerintah Indonesia telah menyerahkan pernyataan pendaftaran rak tanggal 28 April 2022, pernyataan pendaftaran rak yang diubah tanggal 16 Mei 2023, dan suplemen pendaftaran rak tanggal 19 Mei 2023 kepada Biro Keuangan Daerah Kanto.

Blue bond adalah obligasi yang penggunaan dananya terbatas pada sektor kelautan, seperti perlindungan sumber daya laut, dan termasuk dalam investasi ESG (investasi yang mempertimbangkan lingkungan, masyarakat, dan tata kelola).

Sementara itu bagi para pecinta Jepang dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: info@sekolah.biz  Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsappnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat