androidvodic.com

Lukashenko: Barat Ingin Rusia Kalah Tapi Takut Perang Nuklir Terjadi - News

News -- Pemimpin Belarusia, Alexander Lukashenko mengatakan, negara-negara Barat sangat ingin melihat Ukraina mengalahkan Rusia.

Sayangnya mereka ketakutan bila Vladimir Putin menekan tombol nuklirnya, sehingga hanya bisa memberikan sanksi dan memperpanjang peperangan Rusia-Ukraina.

Lukashenko dalam sebuah wawancara dengan acara bincang-bincang 60 Menit di televisi Rossiya-1 dikutip oleh kantor berita TASS.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-476: Putin Klaim Kerugian Pasukan Ukraina Setingkat Bencana

"Saya telah bertemu dengan orang-orang yang memainkan peran penting dalam hal ini, yang membuat keputusan radikal, drastis, dan final jika terjadi 'jika'," kata Lukashenko.

“Yang paling mereka takuti adalah bencana nuklir, dan mereka tulus tentang ini. Mereka takut menggunakan senjata nuklir di Ukraina. Itu wajar saja,” tambahnya.

Minsk juga tidak ingin hal-hal seperti itu terjadi, Lukashenko meyakinkan.

"Kami juga tidak mencari itu, dan kami juga takut. Karena ini, kata para ahli, dapat menyebabkan bencana global, dan planet ini dapat terdeorbit, jika semua senjata ini meledak," tegasnya.

Menurut Lukashenko, Rusia dapat menggunakan nuklir jika musuh menginvasi wilayahnya atau jika tindakan agresi ini mengancam keberadaan negara.

Dia mendesak pembicaraan selama ada kesempatan bagi mereka, tetapi Barat, katanya, telah melarang Ukraina terlibat dalam apa pun.

"Saya yakin dan saya memiliki informasi yang baik bahwa mayoritas di Ukraina, termasuk militer yang telah berperang dan terbunuh di sana, ingin menghentikan perang ini sekarang," kata pemimpin Belarusia itu.

"Tapi kemudian ada pejabat tingkat tinggi yang dipimpin oleh [Presiden Ukraina] Volodymyr Zelensky. Dia adalah 'pahlawan' sekarang, berkeliling dunia. Dia dicium, dipeluk dan semua itu. Saya pikir dia lebih pintar, " keluh Lukashenko.

Barat Tak Akan Kirim Tentara

Negara-negara Barat tidak akan mengirim tentara mereka untuk melawan Rusia atas nama Ukraina, kata Direktur Jenderal Staf Militer Uni Eropa Laksamana Madya Herve Blejean pada hari Rabu.

"Mengirim pasukan darat ke Ukraina berarti menjadi pihak dalam perang, berperang dengan Rusia, dan tidak ada yang menginginkan itu, baik Uni Eropa, maupun NATO," kata Blejean kepada saluran TV Prancis LCI.

Baca juga: Jenderal Senior Rusia Tewas dalam Serangan Rudal Ukraina di Zaporizhzhia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat