androidvodic.com

Pengguna Aplikasi Perjodohan di Jepang Diminta Konsultasi ke Pihak Ketiga Sebelum Tertipu - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Jepang

News, TOKYO - Seorang profesor di Departemen Psikologi Universitas Rissho yang akrab dengan psikologi kriminal, tentang rangkaian masalah penyalahgunaan media sosial termasuk penggunaan aplikasi kencan, Kimiaki Nishida, meminta masyarakat Jepang konsultasikan ke pihak ketiga kalau menggunakan aplikasi kencan.

"Pengguna aplikasi kencang  memiliki motif serius seperti ingin jatuh cinta atau menikah. Anda mendaftar untuk aplikasi tersebut, mudah untuk memercayai pendaftar lain, mengira mereka merasakan hal yang sama," ungkap Nishida belum lama ini.

Dia menunjukkan bahwa jika kita dalam masalah, silakan segera  bertanya langsung kepada orang lain. Namun  mungkin akan dimarahi atau dibujuk oleh orang lain, sehingga lebih sulit untuk keluar dari masalah, tambahnya.

"Penting untuk memeriksa dan berkonsultasi dengan pihak ketiga, seperti anggota keluarga atau meja konsultasi, yang tidak ada hubungannya dengan perasaan romantis Anda dan tidak ada hubungannya dengan orang yang terlibat. Namun, itu tidak sempurna, jadi kita harus menyadari bahwa ini adalah alat dengan risiko tersembunyi saat menggunakannya.”

Layanan perjodohan online semakin berkembang di Jepang, tetapi ada juga bermasalah.

Menurut survei tentang perjodohan yang dilakukan oleh Recruit Bridal Research Institute, dari 2.400 lajang yang berniat untuk jatuh cinta atau menikah, persentase yang menggunakan layanan perjodohan online adalah;

▼Pada 2017, itu adalah 9,1 persen,

▼Tahun lalu (2022)  jumlahnya meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi 20,2%.

Artinya persentase orang yang menikah karena aplikasi  cenderung meningkat.

Di sisi lain, menurut survei yang dilakukan oleh Mitsubishi UFJ Research & Consulting pada tahun 2021, lebih dari separuh orang berusia 20-an hingga 40-an yang menggunakan aplikasi yang cocok mengatakan bahwa mereka mengalami masalah termasuk tertipu dalam penggunaan aplikasi perjodohan:

▼ 63,6% berusia 20-an,
▼ 58,3% berusia 30-an,
▼ 51,9% berusia 40-an

Secara khusus, terdapat sejumlah besar tanggapan masalah saat penggunaan aplikasi online seperti penampilan wajah dan bentuk tubuh berbeda dengan gambar di foto dan sebagainya.

Ada juga tanggapan seperti "Saya disalahartikan dalam profil saya, status kencan dan perkawinan, seperti usia", "Saya diminta untuk meminjamkan uang", dan "Saya ditipu".

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat