androidvodic.com

Antony Blinken: Putin Harus Pertahankan Ibu Kota Rusia dan Lawan Tentara Bayaran Buatannya Sendiri - News

News - Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) menyebut upaya kudeta pasukan Wagner di Rusia menunjukkan celah nyata dalam pemerintahan Presiden Vladimir Putin, Minggu (25/6/2023).

Berbicara kepada media AS, Antony Blinken menilai pemberontakan oleh Kepala Wagner Yevgeny Prigozhin merupakan tantangan langsung kepada Putin.

"Pemberontakan 24 jam di Rusia menimbulkan pertanyaan mendalam, itu menunjukkan celah nyata," katanya di program CBS News Face the Nation.

"Kami belum melihat babak terakhir," ucapnya.

Blinken kerap muncul di beberapa acara talkshow.

Pria itu mengatakan "terlalu dini" untuk memprediksi apa dampak pemberontakan terhadap Kremlin atau invasi skala penuh Rusia ke Ukraina yang diluncurkan pada Februari 2022.

Baca juga: WNI di Rusia Diimbau Tetap Tenang Meski Tentara Bayaran Wagner Batal Serbu Moskow

Tangkapan video ini diambil dari rekaman yang diposting pada 24 Juni 2023 di saluran Telegram @razgruzka_vagnera menunjukkan Yevgeny Prigozhin (Tengah) berbicara dengan Letnan Jenderal Vladimir Alekseev (kanan) dan Wakil Menteri Pertahanan Rusia Yunus-Bek Evkurov (kiri) di dalam markas besar distrik militer selatan Rusia di kota Rostov-on-Don.
Tangkapan video ini diambil dari rekaman yang diposting pada 24 Juni 2023 di saluran Telegram @razgruzka_vagnera menunjukkan Yevgeny Prigozhin (Tengah) berbicara dengan Letnan Jenderal Vladimir Alekseev (kanan) dan Wakil Menteri Pertahanan Rusia Yunus-Bek Evkurov (kiri) di dalam markas besar distrik militer selatan Rusia di kota Rostov-on-Don. (Handout / TELEGRAM / @razgruzka_vagnera / AFP)

"Jika Anda menempatkan ini dalam konteks 16 bulan lalu, Putin berada di depan pintu Kyiv di Ukraina, ingin merebut kota itu dalam hitungan hari, menghapus negara itu dari peta," kata Blinken kepada ABC.

"Sekarang, dia harus mempertahankan Moskow, ibu kota Rusia, melawan tentara bayaran buatannya sendiri," tuturnya.

Rusia belum secara terbuka mengomentari pernyataan Blinken.

Menurut New York Times, dalam pengarahan badan intelijen AS yang disampaikan kepada pejabat senior pemerintahan Joe Biden, disebutkan bahwa Prigozhin sedang bersiap untuk mengambil tindakan militer terhadap Moskow.

Namun tidak ada data yang dipublikasikan tentang laporan intelijen pada saat itu, kata para pejabat AS, karena khawatir Putin menuduh Washington mendalangi kudeta.

Sementara itu, menurut laporan Guardian, sumber orang dalam dari militer Rusia ramai membahas desas-desus tentang perombakan kepemimpinan di Kementerian Pertahanan.

Di mana Putin?

Presiden Rusia Vladimir Putin dikabarkan kabur dari Moskow saat Wagner Group  mencoba memberontak pada Sabtu (24/6/2023) lalu.

Baca juga: Zelenskyy Sebut Vladimir Putin Ketakutan hingga Sembunyi Saat Wagner Coba Memberontak

Tangkapan layar ini diambil dari rekaman yang dirilis oleh kantor pers kepresidenan Rusia pada 24 Juni 2023 yang menunjukkan Presiden Rusia Vladimir Putin membuat pernyataan di Moskow. Presiden Vladimir Putin berpidato di hadapan bangsa, kata Kremlin pada 24 Juni 2023, saat Rusia menghadapi pemberontakan oleh kelompok tentara bayaran Wagner yang telah bersumpah untuk menggulingkan kepemimpinan militer Moskow.
Tangkapan layar ini diambil dari rekaman yang dirilis oleh kantor pers kepresidenan Rusia pada 24 Juni 2023 yang menunjukkan Presiden Rusia Vladimir Putin membuat pernyataan di Moskow. Presiden Vladimir Putin berpidato di hadapan bangsa, kata Kremlin pada 24 Juni 2023, saat Rusia menghadapi pemberontakan oleh kelompok tentara bayaran Wagner yang telah bersumpah untuk menggulingkan kepemimpinan militer Moskow. (Selebaran / KANTOR PERS PRESIDEN RUSIA / AFP)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat