androidvodic.com

Kerugian Kantor Pos Jepang Mencapai 85 Miliar Yen Karena Penurunan Saham Rakuten - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Jepang

News, TOKYO - Kantor Pos Jepang atau Japan Post mengumumkan Jumat ini (30/6/2023) akan mencatat kerugian luar biasa sekitar 85 miliar yen sebagai tanggapan atas penurunan tajam harga saham Grup Rakuten, yang telah menginvestasikan 150 miliar yen dan membentuk ikatan modal.

Pemerintah juga memiliki saham Japan Post Holdings, dan karena menangani layanan pos, kemungkinan benar atau salahnya keputusan manajemen saat itu akan dipertanyakan.

Pada bulan Maret, Japan Post mengadakan aliansi modal dan bisnis dengan Rakuten Group, menginvestasikan sekitar 150 miliar yen, untuk memperkuat bisnis logistiknya.

Namun, karena bisnis ponsel Rakuten terus memburuk, harga sahamnya semakin turun setelah mengumumkan penawaran umum pada bulan Mei, dan harga penutupan pada tanggal 30 Juni adalah 499 yen per saham, kurang dari setengah dari harga awal 1.145 yen.

Untuk alasan ini, Japan Post mengumumkan pada tanggal 30 Juni bahwa mereka akan mencatatkan kerugian luar biasa sekitar 85 miliar yen setelah meninjau kembali nilai saham yang dimilikinya.

Japan Post membukukan kerugian lebih dari 400 miliar yen karena memburuknya kinerja perusahaan logistik Australia yang diakuisisi pada tahun 2017, mengakibatkan kerugian besar satu demi satu karena kemitraan dan akuisisi perusahaan eksternal.

Lebih dari 34 persen saham Japan Post Holdings dipegang oleh pemerintah nasional dan pemerintah daerah, dan karena mereka terlibat dalam layanan pos dan bisnis lainnya, kemungkinan keputusan manajemen pada saat itu akan dipertanyakan.

Japan Post menolak mengomentari pencatatan kerugian luar biasa ini.

Investasi sekitar 150 miliar yen Apa kemitraan antara Japan Post dan Rakuten Group?

Japan Post mengadakan aliansi modal dan bisnis dengan Rakuten Group pada Maret 2021, menginvestasikan sekitar 150 miliar yen.

Selain mengoperasikan pangkalan logistik bersama, kedua perusahaan telah bekerja sama untuk menerima aplikasi telepon seluler Rakuten di kantor pos nasional.

Sedangkan untuk Japan Post, karena penanganan surat seperti surat dan kartu pos menurun, tujuannya adalah untuk meningkatkan penjualan bisnis logistik dengan meningkatkan penanganan paket yang ditangani oleh belanja online Rakuten.

Kedua perusahaan tersebut bersama-sama mendirikan "JP Rakuten Logistics", yang mengoperasikan 10 basis logistik nasional, termasuk Chiba dan Osaka, tetapi bisnis terus merugi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat