androidvodic.com

Kim Jong Un Kembali Luncurkan Rudal Balistik ke Laut Kuning - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Mikael Dafit Adi Prasetyo

News, SEOUL – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dikabarkan kembali menembakkan sejumlah rudal balistik ke arah Laut Kuning yang berada di antara China dan semenanjung Korea.

Menurut Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS), peluncuran terbaru rudal balistik Korea Utara terjadi pada Sabtu (22/7/2023) pagi waktu setempat.

Baca juga: Putin Sebut Serangan Balasan Ukraina Tak Ada Artinya, Singgung Kecanggihan Peralatan Barat

"Otoritas intelijen Korea Selatan dan Amerika Serikat sedang menganalisis peluncuran sembari memantau tanda-tanda kegiatan tambahan," kata JCS.

Sebelumnya, Pyongyang juga telah meluncurkan dua rudal balistik pasca berlabuhnya kapal selam AS di Pelabuhan Korea Selatan.

"Kami mengutuk keras peluncuran rudal balistik berturut-turut Korea Utara sebagai tindakan provokatif yang merusak perdamaian dan stabilitas Semenanjung Korea serta masyarakat internasional, dan jelas merupakan pelanggaran terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB," kata JCS.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan kedua rudal itu kemungkinan jatuh di luar zona ekonomi eksklusif (ZEE) Jepang.

“Rudal pertama mencapai ketinggian 50 km (31 mil) dan menempuh jarak 550 km, sedangkan yang kedua naik setinggi 50 km dan terbang 600 km,” ujar Yasukazu Hamada, Menteri Pertahanan Jepang dalam sebuah pernyataan, Rabu (19/7/2023).

“Kami akan mengajukan protes terhadap peluncuran rudal melalui saluran diplomatik,” sambungnya.

Adapun uji coba senjata yang baru-baru ini dilakukan Pyongyang terjadi saat Seoul dan Washington meningkatkan kerja sama pertahanan dalam menghadapi ketegangan yang meningkat dengan Korea Utara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat